Kisah Inspiratif Metode Menarik Perhatian dan Minat dalam Menawarkan Produk Usaha

Kisah Inspiratif Metode Menarik Perhatian dan Minat dalam Menawarkan Produk Usaha
info gambar utama

Hello Kawan GNFI, saya akan sedikit menceritakan cerita inspirasi tentang cara membuat produk yang menarik untuk menawarkan produk menggunakan kreativitas nama produk yang dapat menarik perhatian konsumen. Disni saya mengangkat kisah seorang tokoh penerima apresiasi SATU indonesia awards pada tahun 2021. Beliau bernama Yudi Efrinaldi berasal dari Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Beliau merupakan perintis produk usaha "Es Gak Beres" yang kini telah mencapai 500 mitra cabang dan tersebar di beberapa daerah Sumatera. Beliau memiliki latar belakang seorang pegawai honorer yang telah beberapa kali mencoba menawarkan sejumlah produk yang dibuatnya seperti bubur ayam dan pisang goreng krispi. Namun, usaha itu tidak membuahkan hasil yang maksimal, disinilah awal beliau menggali kreativitasnya untuk membuat suatu produk yang dapat menarik perhatian konsumen.

Beliau memulai menggali ide dengan cara melihat referensi krativitas-kreativitas metode pembuatan dan penawaran produk di media sosial berupa Youtube untuk mengembangkan ide menciptakan suatu produk yang dapat menarik perhatian konsumen. Beliau memiliki visi untuk mengembangkan produk untuk membuka mindset berwirausaha di lingkup pelajar/mahasiswa dan ibu rumah tangga yang takut untuk membuka usaha dengan modal yang sedikit mungkin. Teori ini merupakan teori yang umum di dalam aspek kewirausahan, seorang pengusaha harus memikirkan suatu produk yang unik dengan mengeluarkan modal sekecil-kecilnya tetapi menghasilkan keuntungan yang besar.

Bertemu Xi Jinping, Jokowi Kantongi 10 Kerja Sama Termasuk Investasi

Strategi marketing yang digunakan beliau ialah pembuatan nama produk yang unik atau lebih dikenal dengan sebutan brandding. Branding adalah sebuah kegiatan untuk menciptakan karakter atau identitas yang bertujuan untuk membedakan satu produk dengan produk lainnya. Beberapa pengertian branding menurut para ahli sebagai berikut :

  • Menurut Van Riel dan Bruggen (2002) strategi merk (brand strategy) adalah suatu rencana yang tersistematisasi serta proses memelihara reputasi agar baik di mata konsumen.
  • Menurut Schultz dan Barnes ( 1999) brand strategy merupakan manajemen suatu brand yang mana mengatur berbagai aktivitas dan kegiatan di semua elemen dengan tujuan untuk membuat suatu brand tau merk.

Produk yang dijual Beliau merupakan produk minuman kekinian yang dijual menggunakan brand dan kemasan yang berbeda. Teknik marketing yang digunakan beliau adalah teknik marketing yang membuka mata konsumen untuk menimbulkan rasa penasaran dan keinginan mencoba serta membuahkan hasil yang diminati para konsumen, sehingga teknik marketing yang dilakukan beliau membuahkan hasil yang maksimal. Sistem yang digunakan beliau ialah sistem kemitraan yakni dengan mencari mitra untuk menaikkan dan menawarkan produk.

Beberapa daerah yang telah menjadi cabang Es gak beres seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatang, Jambi, Lampung, Riau, Kalimantan Tengah, dan Jawa Tengah. Kini kesuksean beliau telah mencapai dengan omset 300 rb - 1,5 juta per hari. Dalam upaya beliau untuk mempertahankan dan mengembangkan es gak beres dengan memperkerjakan 40 karyawan di bidang produksi bahan baku serta 10 karyawan di bidang pemasaran dan pengelolaan produk untuk pengelolaan cafe dan resto.

Industri Game RI Raup Pendapatan Rp25 Triliun, Saingi Musik dan Film

Beliau memiliki tujuan merintis sebuah produk yang berdampak pada orang banyak dengan cara memperkerjakan banyak orang dan membuat beberapa program pelayanan sosial berupa bantuan ambulan gratis yang di support oleh es gak beres. Saat ini es gak beres telah mengalami perkembangan setelah menerima kemenangan apresiasi SATU indonesia. Mendapatkan sertifikat untuk melanjutkan perkembangan es gak beres yang kedepannya akan lebih berdampak pada orang banyak dengan membuat program-program sosial yang lebih menguntungkan.

Sumber referensi:

Kebutuhan Artikel APA 2023 - Google Drive. (2023). Retrieved October 17, 2023, from Google.com website: https://drive.google.com/drive/folders/1DMOONrysPsOuql_ilqY_oz-bXPJALq1X

People, U. (2021, June 11). Macam-macam Strategi Branding - Universitas Ciputra. Retrieved October 17, 2023, from Universitas Ciputra website: https://www.uc.ac.id/macam-macam-strategi-branding/#:~:text=Menurut%20Schultz%20dan%20Barnes%20(1999,membentuk%20suatu%20brand%20atau%20merek.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini