AIESEC in Unila Adakan Proses Pemilihan Ketua Umum untuk Periode 2024-2025

AIESEC in Unila Adakan Proses Pemilihan Ketua Umum untuk Periode 2024-2025
info gambar utama

Lampung, 16 September 2023 - AIESEC in Unila menyelenggarakan Confident Vote atau Convote. Confident Vote adalah acara yang sangat penting bagi AIESEC in Unila karena bertujuan untuk memilih Ketua Umum atau Local Committee President (LCP) untuk masa jabatan berikutnya. Convote kali ini dihadiri oleh Chair, yaitu orang yang menjadi pembawa acara tersebut, yang pada kali ini menunjuk Safira Riskia, dan seluruh anggota penuh (full member) AIESEC in Unila, yang memiliki hak suara dalam pemilihan pemimpin AIESEC in Unila selanjutnya.

Dalam Convote ini, terdapat dua kandidat yang mencalonkan diri sebagai Local Committee President (LCP) atau ketua umum AIESEC in Unila untuk periode 2024-2025, yaitu Yansen Caprin Manik, yang menjabat sebagai Kepala Divisi Hubungan Masyarakat dan Pengembangan Bisnis (Head of External Relations and Business Development), dan A. Dzaky Nurrahman, yang menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasaran (Head of Marketing).

Convote terdiri dari serangkaian sesi yang dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang kedua kandidat LCP. Acara diawali dengan pidato singkat dari kedua kandidat untuk memperkenalkan diri mereka kepada anggota AIESEC in Unila yang hadir. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi Personal Block, di mana anggota memiliki kesempatan untuk lebih memahami kepribadian dan nilai-nilai dari kedua kandidat.

Dalam sesi ini, kedua kandidat diberikan pertanyaan-pertanyaan personal untuk menggali lebih dalam sifat serta latar belakang keduanya. Sesi ini sangat penting untuk memastikan bahwa anggota memiliki pemahaman yang kuat tentang karakter kandidat yang akan memimpin AIESEC in Unila. Setelah sesi Personal Block, dilanjutkan pada sesi Live Questions. Sesi ini memberikan kesempatan bagi para anggota yang menyaksikan secara langsung proses convote untuk bertanya secara langsung kepada kedua kandidat terkait dengan sisi personal mereka.

Berikutnya, dilanjutkan dengan memasuki sesi AIESEC Knowledge Block, yang bertujuan untuk menguji pemahaman kedua kandidat tentang AIESEC, termasuk tentang A2025 (tujuan jangka pendek AIESEC Global dalam 5 tahun) dan AIESEC Way. Pada sesi ini, tidak dilanjutkan dibuka live questions dikarenakan pertanyaan yang keluar terkait dengan pengetahuan AIESEC para kandidat hanya dapat ditanyakan oleh para tim pemilihan (election team) yang telah dibentuk dalam mempersiapkan proses pemilihan ini.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi Strategy Block. Dalam sesi ini, kedua kandidat akan menjelaskan strategi yang mereka rencanakan untuk masa jabatan berikutnya. Setelah selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan pertanyaan yang diajukan dari para anggota. Sehingga para anggota dapat berpartisipasi secara langsung dalam mengevaluasi strategi para kandidat.

Sesi ini sangat menarik perhatian dari para penonton sebab terdapat beberapa strategi dari kedua kandidat yang berbeda dengan struktur organisasi periode berjalan. Banyak dari penonton yang bertanya tentang alasan kedua kandidat merangkai strategi yang sedemikian rupa.

Selain anggota dari AIESEC in Unila, convote juga melibatkan pihak dari luar (external panel), yaitu Salsabila Zeta Zain sebagai Ketua Umum AIESEC in Universitas Gadjah Mada, Rendynothe Yuranda sebagai Kepala Divisi Keuangan AIESEC in Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum AIESEC in Unila periode 2021-2022, dan Novita Supardi yang merupakan alumni dan Ketua Umum AIESEC in Unila periode 2016-2017.

Pihak external kemudian mengajukan beberapa pertanyaan kepada para kandidat dalam sesi External Panel ini. Sesi ini diharapkan bahwa pihak external dapat menilai kualifikasi dari kedua kandidat dan menyampaikan opini mereka terhadap strategi yang telah dibuat para kandidat. Dilaksanakannya sesi ini juga dengan harapan bahwa kedua kandidat dapat mendapat wawasan dari sudut pandang pihak external.

Convote ditutup dengan penyampaian pidato penutup dari kedua kandidat. Setelah itu, Chair menjelaskan prosedur pemungutan suara yang akan dilakukan oleh setiap anggota penuh. Para anggota yang memiliki hak suara bergantian memberikan suara mereka dengan memberikan tanda X pada ballot pemungutan suara. Selanjutnya dilakukan proses penghitungan segera setelah semua anggota selesai memberikan suaranya, pengumuman kandidat terpilih yang berhasil menjadi ketua umum AIESEC in Unila diumumkan dengan tradisi Ketua Umum AIESEC in Unila periode berjalan menyiram kandidat pemenang dengan ember biru berisi air.

Maka para anggota dikumpulkan di luar tempat dilaksanakannya convote, kemudian diumumkan bahwa A. Dzaky Nurrahman terpilih menjadi Local Committee President AIESEC in Unila untuk periode 2024-2025. Dengan convote ini menjadi momen penting karena terpilihnya pemimpin baru bagi AIESEC in Unila.

Dengan demikian, convote merupakan acara yang sangat penting dalam AIESEC in Unila karena melibatkan seluruh anggota penuh (full member) AIESEC in Unila untuk memilih pemimpin yang akan memimpin organisasi ini selama satu periode masa jabatan berikutnya. Acara ini memberikan kesempatan bagi kandidat untuk memperkenalkan diri, menjelaskan strategi, dan menjawab pertanyaan dengan transparan, sehingga anggota dapat membuat keputusan yang terinformasi dalam pemilihan pemimpin AIESEC in Unila.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini