Desa Wisata Penglipuran Raih "Best Tourism Villages 2023" dari UNWTO

Desa Wisata Penglipuran Raih "Best Tourism Villages 2023" dari UNWTO
info gambar utama

Sejumlah desa wisata di Indonesia berhasil meraih penghargaan dari Organisasi Pariwisata Dunia (United Nations World Tourism Organization/UNWTO). Desa Penglipuran, Bali, menjadi salah satu yang terpilih dari 54 desa lain yang dinominasikan dalam UNWTO Best Tourism Villages 2023.

Dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, penghargaan tersebut diraih Desa Wisata Penglipuran pada edisi ketiga dari “Best Tourism Villages by UNWTO” yang digelar di Samarkand, Uzbekistan, pada 19 Oktober 2023. Desa wisata yang terletak di Kabupaten Bangli ini berhasil terpilih di antara 260 kandidat dan lebih dari 60 negara yang terdaftar.

Selain Desa Penglipuran, ada tiga desa wisata di Indonesia yang juga masuk dalam upgrade programme dari inisiatif ini, yaitu Desa Bilebante (Nusa Tenggara Barat), Desa Pela (Kalimantan Timur), dan Desa Taro (Bali). Ketiga desa ini menjadi bagian dari 20 desa bimbingan yang dipersiapkan menjadi Best Tourism Villages UNWTO pada periode selanjutnya.

Pariwisata berkualitas dan berkelanjutan

Best Tourism Village merupakan penghargaan yang ditujukan untuk menjaring desa percontohan karena berhasil mengembangkan pariwisata dengan memberdayakan masyarakat setempat dan melestarikan tradisi serta warisan lokal. Sementara Upgrade Programme, merupakan program dukungan dari UNWTO kepada desa wisata yang memiliki potensi besar dan hampir memenuhi kriteria sebagai Best Tourism Villages.

Sejalan dengan itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah menjalankan misi untuk membangkitkan perekonomian yang berkeadilan di masyarakat. Dalam hal ini, pihaknya terus mendorong pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, di mana salah satu bentuknya adalah melalui village tourism atau desa wisata.

Menparekraf Sandiaga Uno optimistis penghargaan Best Tourism Villages dari UNWTO akan menjadi inspirasi bagi desa wisata lainnya di Indonesia untuk dapat mengoptimalkan sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), dan warisan budaya yang dimilikinya.

14 Desa Wisata Raih Rekor MURI di Malam Penghargaan ADWI 2023

Jaringan desa global

Best Tourism Villages 2023
info gambar

Kemenparekraf menyebutkan bahwa hingga tahun 2023, sebanyak 190 desa telah menjadi anggota dari Best Tourism Village Network yang diharapkan menjadi jaringan desa global terbesar. Keberhasilan Desa Nglanggeran pada 2021 dan Desa Penglipuran pada 2023 sebagai Best Tourism Villages merupakan pengakuan internasional terhadap kualitas desa wisata milik Indonesia.

I Wayan Budiarta selaku pengelola Desa Wisata Penglipuran yang menerima piagam dari Sekjen UNWTO mengatakan, Best Tourism Villages adalah penghargaan internasional yang luar biasa dalam perkembangan desa wisata ini. Tidak hanya untuk Desa Penglipuran, penghargaan ini menurutnya representative untuk pariwisata Indonesia secara umum.

“Prestasi ini juga akan semakin mengangkat Desa Wisata Penglipuran di tingkat internasional. Selain itu, penghargaan ini menjadi satu motivasi kami, masyarakat Penglipuran, untuk tetap menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya sehingga kepariwisataan di desa wisata Penglipuran bisa berkelanjutan,” ujarnya.

Desa Wisata Jadi Daya Tarik Indonesia di IMT-GT Expo 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini