Siti Salamah,Penggagas Waste Solution Hub untuk Mengatasi Sampah dan Pemberdayaan Pemulung

Siti Salamah,Penggagas Waste Solution Hub untuk Mengatasi Sampah dan Pemberdayaan Pemulung
info gambar utama

Berkenalan dengan Siti Salamah

Siti Salamah, salah satu dari penerima apresiasi SATU Indonesia Awards (ASTRA) pada tahun 2021 dengan keberhasilannya membuat suatu program dengan isu sosial dan lingkungan. Program sosial dengan melakukan pemberdayaan kepada para pemulung di Kampung Pemulung di Tangerang Selatan dan Program lingkungan dengan membuat sistem pengelolaan sampah terintegrasi berbasis teknologi waste solution hub.

Apa Itu Waste Solution Hub?

Waste solution hub merupakan salah satu program yang gagas oleh Siti Salamah untuk mengatasi permasalahan sampah yang tak terkendali sampai saat ini. Waste solution hub sendiri sudah lebih dari 3 tahun menjadi program rutin yang dilakukan oleh Siti Salamah beserta teman-teman pemulungnya dari Kampung Pemulung di Tangerang Selatan.

Mengapa Waste Solution Hub Perlu Ada?

Adanya waste solution hub ini bermula dari keresahan terhadap banyaknya sampah yang semakin hari semakin menumpuk serta masih kurangnya kesadaran masyarakat dan diri sendiri akan pentingnya menjaga lingkungan, dari mulai hal yang sepele seperti memilah sampah nya sendiri. Adanya gagasan waste solution hub ini terjadi karena ingin memiliki satu tempat untuk mengelola sampah yang terintegrasi, dapat dipantau, dapat dilihat oleh banyak orang, rapi dan bersih.

Program pengelolaan sampah terintegrasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengatasi serta memilah sampah nya masing-masing, tentunya dengan bantuan teman-teman pemulung di sekitar Kampung Pemulung. Masyarakat juga dapat memilah sampah nya sendiri, memisahkan sampah organik dan anorganik, kemudian sampah yang masih bisa daur ulang dapat disalurkan kepada teman-teman pemulung agar dapat di daur ulang dan menghasilkan suatu karya dengan nilai jual yang tinggi.

Pemberdayaan Pemulung

Siti Halimah menyatakan bahwa teman-teman pemulung memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi permasalahan lingkungan dengan fokus utama mengelola dan memilah sampah. Secara tidak sadar peran yang dilakukan oleh para pemulung dengan mengambil sampah plastik atau sampah lain yang dapat di daur ulang membuat sampah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah menjadi berkurang. Selain sampah menjadi berkurang, sampah yang sudah didapatkan dapat membantu keadaan perekonomian bagi teman-teman pemulung di sekitar.

Pencapaian Waste Solution Hub

Sampai saat ini waste solution hub sudah memberikan edukasi kepada lebih dari 23ribu masyarakat dan mengelola hampir lebih dari 400ribu kilogram sampah. Selain itu juga berhasil memberdayakan teman-teman pemulung lebih dari 1200 orang di wilayah Tangerang Selatan dengan lebih dari 170 sukarelawan yang terlibat. Waste solution hub telah melakukan kegiatan sosial dengan memberikan lebih dari 5ribu paket sembako yang sudah didistribusikan dan membantu lebih dari 100 anak untuk mendapatkan pendidikan.

Kisah inspiratif yang dilakukan oleh Siti Salamah ini membawa perubahan yang sangat baik bagi masyarakat sekitar, terutama masyarakat di Kampung Pemulung. Sejak tahun 2015 Siti Salamah bergerak di bidang sosial dan telah berhasil membantu mengatasi permasalahan sosial, pendidikan, serta keadaan ekonomi yang terjadi di sekitar Kampung Pemulung. Untuk mengatasi permasalah yang terjadi, Siti Salamah membuat program pemberdayaan kepada masyarakat sekitar kampung dengan memberikan banyak pelajaran dan pengetahuan tentang sampah dan pengelolaan sampah, dari mulai memilah sampah sesuai jenisnya dan bagaimana cara menghasilkan suatu karya atau produk hanya dari sampah tetapi tetap memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu juga Siti Salamah memberikan bantuan akses pendidikan kepada masyarakat di sekitar kampung pemulung, baik itu orang dewasa maupun anak-anak dengan cara mengadakan kelas atau pengajaran gratis dan memberikan informasi lain seputar pendidikan, seperti informasi beasiswa maupun uji kesetaraan.

Waste solution hub sudah banyak melakukan kerjasama dengan beberapa RT, RW dan masjid sekitar, komunitas, sekolah bahkan dinas pariwisata untuk melakukan sosialisasi dan edukasi untuk ikut serta berkontribusi dalam melindungi bumi dan melestarikan lingkungan.

Pesan Siti Salamah Kepada Masyarakat

“Permasalah lingkungan sudah menjadi besar, sudah jadi tugas kita untuk ikut terlibat dalam permasalahan lingkungan. Itu menjadi tanggung jawab kita, kita yang buang, kita juga yang harus tanggung jawab. Jangan pernah takut untuk memilah sampah dan melestarikan lingkungan”. Papar Siti Salamah dalam Talkshow Good Movement

#kabarbaiksatuindonesia

Referensi:

E-book Penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards 2023.

#kabarbaiksatuindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini