Indonesia Boyong Dua Medali dari Kejuaraan Dunia Paralayang di Bulgaria

Indonesia Boyong Dua Medali dari Kejuaraan Dunia Paralayang di Bulgaria
info gambar utama

Atlet-atlet Indonesia menorehkan prestasi cemerlang di Kejuaraan Dunia Paralayang di mana dua medali berhasil didapat.

Indonesia berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Paralayang FAI ke 12 tahun 2023. Turnamen paralayang paling bergengsi di dunia itu diselenggarakan di Sopot, Bulgaria, pada 20 hingga 28 Oktober 2023, dengan diikuti oleh 130 Atlet yang berasal dari 31 negara.

Hasilnya boleh dibilang menggembirakan. Tim beregu Indonesia yang terdiri dari Rika Wijayanti, Purnomo Alamsyah, Aris Apriansyah, dan Rizky Maulana berhasil mendapatkan medali emas. Sementara itu, medali perak diraih tim Republik Ceko dan perunggu didapat Korea Selatan.

Dari kategori individu putra, Indonesia juga memperoleh medali perunggu atas nama Aris Afriansyah. Adapun emas diraih Yang Chen dari China dan perak didapat Linus Schubert dari Jerman.

Dalam turnamen yang baru saja diikuti para atlet Indonesia Bulgaria, yang dilombakan adalah nomor akurasi. Dalam nomor ini, pilot diharuskan mendarat di sebuah target yang sangat kecil. Mendaratnya pun tak asal, melainkan harus menggunakan kaki dengan posisi stabil tanpa terjatuh, serta tidak boleh banyak melakukan gerakan yang tidak perlu.

Cemerlang di Asian Para Games 2022, Indonesia Langsung Tatap Paralimpiade 2024

Diapresiasi Pemerintah

Prestasi cemerlang atlet paralayang Indonesia mendapat apresiasi dari pemerintah. Sebagai wujud apresiasi tersebut, Penanggung Jawab Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sentra Olahraga Prestasi Kemenpora Zainal Aripin dan Wakil Asisten Potensi Dirgantara (Waaspotdirga) Kasau Marsekal Pertama TNI Agus Priyanto menjemput langsung kedatangan atlet paralayang Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (30/10/2023) sore.

"Saya dari Kemenpora mengucapkan selamat, dan bangga atas prestasi yang diraih para atlet paralayang Indonesia dengan berhasil membawa pulang medali emas pada Kejuaraan Dunia Paralayang FAI ke 12 tahun 2023 di Sopot, Bulgaria lalu. Tentu prestasi ini sangat kami apresiasi," ujar Zainal dalam keterangan tertulis Kemenpora.

Zainal berharap, prestasi paralayang Indonesia bisa bisa terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

"Pemerintah pasti akan memberikan apresiasi dan akan kami koorsdinasikan. Yang pasti prestasi ini terus dipertahankan, dan dikembangkan kepada atet paralayang lain agar olahraga paralayang terus maju dan berkembang," lanjut Zainal.

Harapan senada pun disampaikan Marsekal Pertama TNI Agus Priyanto. "Sekali lagi hasil ini sangat membanggakan kita semua, terutama dari FASI selaku pembina olahraga dirgantara Indonesia. Harapan kedepan presatasi terus bisa ditingkatkan lebih baik lagi," tuturnya.

Kata Media Korea Selatan tentang Penampilan Ciamik Megawati Hangestri

Referensi:

  • https://www.fai.org/news/pga-worlds-new-stars-journey-victory?type=node&id=188901
  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4426/apresiasi-tim-paralayang-indonesia-usai-juara-dunia-kemenpora-jemput-atlet-dan-sambut-dengan-pengalungan-bunga-di-bandara



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini