"Dare to Lead" Bersama AIESEC in Unsri Melalui Join AIESEC x Youth Today

"Dare to Lead" Bersama AIESEC in Unsri Melalui Join AIESEC x Youth Today
info gambar utama

Gen Z sebagai Pemimpin di Era Modern

Generasi Z diketahui memiliki kesadaran yang tinggi mengenai kontribusi mereka terhadap isu dunia, serta memiliki keingintahuan tinggi, inisiatif, dan kemampuan kepemimpinan yang baik.

Sekarang pun, Generasi Z banyak yang menjadi pemimpin dan berdasarkan data, para anak muda lebih yakin jika seorang pemimpin adalah dari kalangan mereka, yaitu Generasi Z.

Untuk itu, AIESEC in Unsri mengadakan Join AIESEC x Youth Today 17.0 pada tanggal 2-3 September 2023 dengan tema “Dare to Lead: Fearless Youth, Fearless Leader” sebagai wadah untuk merefleksikan kepemimpinan generasi muda selanjutnya.

Pelaksanaan Join AIESEC 17.0 x Youth Today AIESEC in Unsri

Berbeda dengan Youth Today Join AIESEC special edition sebelumnya, pada Youth Today kali ini AIESEC Indonesia berkolaborasi dengan ILO (International Labour Organization) dan AIESEC Business School dengan mengimplementasikan kurikulum dari ILO pada training LGD Youth Today.

Tujuan dari adanya training LGD ini untuk membangun kapasitas dan kesiapan generasi muda dalam menghadapi bisnis masa depan. LGD dilakukan selama dua hari dengan assessors yang kompeten dalam menjalankan tahap LGD sebagai salah satu penilaian seleksi Join AIESEC x Youth Today.

Dokumentasi pribadi
info gambar

Tales of Our Journey - AIESEC in Unsri

Topik pertama dibuka oleh Ula Rizki Ramadhia selaku Local Committee President 23.24 AIESEC in Unsri. Ia menjelaskan bagaimana AIESEC sebagai organisasi kepemudaan dan kontribusinya dalam mencapai perdamaian dunia.

Ula juga menceritakan latarbelakang berdirinya AIESEC in Unsri serta nilai organisasi agar terus bisa memberikan impact bagi pemuda di Sumatera Selatan hingga saat ini.

Baca Juga: Peran AIESEC dalam Mengembangkan Kompetensi Antarbudaya dalam Lingkup Global

Ula menegaskan, bahwa bertahannya AIESEC in Unsri sampai saat ini adalah karena sense of belonging tiap anggota AIESEC dan keinginan berkontribusi dalam pencapaian tujuan SDGs di Sumatera Selatan.

Ula yakin, bahwa sampai ke depannya AIESEC in Unsri akan terus relevan sebagai pelopor organisasi kepemudaan internasional di Sumatera Selatan yang mewadahi para pemuda menggali potensi kepemimpinan, sosial, dan relasi global.

Up Close with AIESEC in Unsri

Berbeda dengan topik sebelumnya, pengenalan terhadap AIESEC in Unsri pada topik ini lebih detail dan internal.

Pembicara kedua yaitu Clarissa Dewanti sebagai Talent Capacity and Engagement Team Leader 23.24 dari AIESEC in Unsri menjelaskan hal-hal yang dapat mendukung performansi anggota AIESEC.

Clarissa juga menjelaskan apa saja departemen yang ada di AIESEC in Unsri serta perannya dalam mewujudkan organisasi yang berkelanjutan.

Sebagai bagian dari Talent Management, Clarissa merasa bahwa, penting baginya untuk memberi informasi terkait internal AIESEC in Unsri agar memberi keyakinan bahwa AIESEC in Unsri adalah organisasi yang impact-oriented juga people-oriented.

Breaking the Barriers: Empowering Youth Dreams

Salah satu nilai yang dipegang oleh AIESEC adalah menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan para stakeholders, salah satunya ialah alumni.

Pada topik ini, Dienul Hafizh sebagai Local Committee President of AIESEC in Unsri 2017 yang juga saat ini menjabat sebagai Mechanical Supervisor di PT Bukit Asam Tbk, menceritakan pengalamannya semasa di AIESEC dan impact apa saja yang diimplementasikannya pada dunia kerja.

Baca Juga: Kisah Inspiratif di balik "Desa Menari", Ciptakan Desa Wisata Jadi Sumber Pendapatan

Sebagai mahasiswa teknik pada saat itu, Hafizh ragu dan awam mengenai eksistensi AIESEC. Dengan rasa keingintahuannya yang tinggi juga berani untuk mencoba, AIESEC mampu menjadi wadah baginya untuk mempelajari hal baru selain pada ranah pendidikannya.

Hafizh yakin, bahwa selain karena tekad dirinya, pengalamannya di AIESEC juga berperan andil dalam membawanya hingga sampai ke titik ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini