Sertifikasi Halal Guna Meningkatkan Nilai Jual Beras dan UMKM Desa Gempol

Sertifikasi Halal Guna Meningkatkan Nilai Jual Beras dan UMKM Desa Gempol
info gambar utama

(Gempol, Klaten 14 Oktober 2023) Desa Gempol, yang terletak di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, memiliki potensi besar dalam sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Salah satu faktor penting yang membantu UMKM di desa ini meningkatkan daya saing mereka adalah sertifikasi halal. Artikel ini akan mengulas sistem mekanisme dan alur sertifikasi halal serta tata cara registrasi yang relevan bagi UMKM di Desa Gempol. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada UMKM tentang pentingnya sertifikasi halal dalam meningkatkan daya saing produk, terutama bagi produsen beras organik.

Sistem Mekanisme Sertifikasi Halal

Sertifikasi halal adalah proses yang memverifikasi bahwa produk atau layanan memenuhi persyaratan syariah Islam, termasuk dalam metode produksi, bahan-bahan yang digunakan, dan proses produksi yang digunakan. Di Indonesia, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) adalah lembaga yang berwenang dalam memberikan sertifikasi halal.

Sertifikasi halal merupakan suatu proses untuk memperoleh sertifikat halal melalui beberapa tahap pemeriksaan yang bertujuan untuk membuktikan bahwa bahan, proses produksi, dan sistem jaminan halal memenuhi standar Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)

Dalam rangka peningkatan kesadaran mengenai sertifikasi halal, mahasiswa KKn Undip memberikan sosialisasi mengenai mekanisme, alur serta cara registrasi untuk memperoleh sertifikasi halal. Sertifikasi halal adalah proses untuk mendapatkan sertifikat halal dengan melalui beberapa tahapan pemeriksaan untuk membuktikan bahwa bahan baku, proses produksi, dan sistem jaminan halal produk pada suatu perusahaan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Pada kegiatan sosialisasi ini dijelaskan mengenai alur pendaftaran, dokumen pendukung, lembaga yang terlibat, tarif, pembaruan, kewajiban, dan sanksi dalam sertifikasi halal, landasan hukum, pentingnya sosialisasi halal, dan manfaat mendapatkan sertifikasi halal. Selain itu, juga memberikan sosialisasi tentang konsep halal, pengenalan bahan, sistem jaminan halal, dan titik kritis bahan.

SiHalal atau Sistem Informasi Halal adalah aplikasi berbasis website yang memberikan layanan sertifikasi halal yang dimiliki oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Para pelaku usaha dapat mengurus sertifikasi hal melalui aplikasi ini dengan mudah, efektif dan murah.

Dalam konteks ini, sosialisasi sistem mekanisme dan alur sertifikasi halal dan registrasi sangat penting bagi produsen beras organik dan UMKM lainnya, karena:

  1. Akses ke Pasar Global: Sertifikasi halal memungkinkan UMKM untuk memasuki pasar global yang membutuhkan produk halal.
  2. Kepercayaan Konsumen: Sertifikasi halal membangun kepercayaan konsumen Muslim terhadap produk. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dan reputasi UMKM.
  3. Pematuhan Terhadap Nilai-nilai Islam: Sertifikasi halal membantu UMKM mematuhi nilai-nilai Islam dalam proses produksi, menjadikan mereka lebih etis dan berkelanjutan.
  4. Pertumbuhan Bisnis: Dengan label halal, UMKM dapat memperluas pangsa pasar mereka dan mendukung pertumbuhan bisnis.

Dalam upaya mempromosikan pertumbuhan UMKM dan mendukung pengusaha lokal di Desa Gempol, sertifikasi halal adalah salah satu alat yang sangat penting. Ini bukan hanya tentang memasuki pasar yang lebih luas tetapi juga tentang membangun bisnis yang berkelanjutan dan beretika sesuai dengan nilai-nilai Islam. Dengan tata cara registrasi yang jelas dan sistem mekanisme yang transparan, UMKM di Desa Gempol semakin siap untuk bersaing dalam pasar yang semakin global. Sebagai upaya membangun Indonesia sebagai Global Halal Hub 2024, sosialisasi sistem mekanisme dan alur sertifikasi halal dan registrasi merupakan langkah yang penting untuk memperkuat ekosistem halal nasional. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk mahasiswa KKN, diharapkan dapat membantu produsen beras organik dan UMKM lainnya dalam memahami dan mengimplementasikan sertifikasi halal dengan baik dan benar.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini