Berbagai Acara Kelas Dunia Siap Dilaksanakan di Indonesia

Berbagai Acara Kelas Dunia Siap Dilaksanakan di Indonesia
info gambar utama

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah memastikan kesiapan Indonesia untuk menyelenggarakan sejumlah acara bertaraf internasional.

Misalnya seperti konser Coldplay dan Piala Dunia U-17, yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan November 2023. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi negara.

Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf, menyatakan dalam acara "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Senin (6/11/2023), bahwa Kemenparekraf terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan persiapan yang lancar menjelang dua acara besar tersebut.

Grup band asal Inggris, Coldplay, dijadwalkan akan menggelar konser mereka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada tanggal 15 November 2023, untuk meriahkan panggung musik tanah air.

“Konser musik Coldplay ini betul-betul akan menyedot penonton banyak sekali. Dan ini tentunya akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan pergerakan wisnus dan bahkan penonton dari negara-negara tetangga akan datang,” kata Vinsensius dikutip dari keterangan tertulis.

Selain ketersediaan kamar, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kualitas pelayanan hotel. Pelayanan yang baik akan membuat para pengunjung, baik wisatawan lokal maupun internasional, merasa puas dan mungkin akan mempertimbangkan untuk tinggal lebih lama setelah konser berakhir.

Gelar Aquabike Jetski World Championship, Diharapkan Raup Rp391 Miliar untuk Danau Toba

Piala Dunia FIFA U-17 dijadwalkan akan berlangsung mulai dari 10 November hingga 2 Desember 2023. Event ini akan mencakup sekitar 52 pertandingan dengan target jumlah penonton antara 10 hingga 18 ribu orang setiap pertandingan. Harapannya akan terjadi peningkatan permintaan yang tinggi terhadap penginapan, transportasi, kuliner, serta produk ekonomi kreatif, memberikan dorongan positif bagi sektor-sektor tersebut.

“Tentu ini akan memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di sekitar kawasan venue, dan terbukanya lapangan kerja baru pada sektor ekonomi kreatif,” ujar Vinsen.

Dua acara tersebut juga akan memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk memperkuat citra negara sebagai destinasi acara global yang mampu menjadi tuan rumah berbagai jenis event, termasuk olahraga, MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions), dan festival.

Dengan peningkatan citra ini, diharapkan akan terbuka peluang investasi dan kerja sama antar negara, serta kesempatan untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan destinasi wisata yang ada di Indonesia kepada dunia.

“Untuk itu, kami mendorong pelaku usaha industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memanfaatkan event-event besar ini dengan memberikan pelayan terbaik untuk akomodasi hotel, restoran, dan penjualan produk ekonomi kreatif,” ujarnya.

Skuad Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023: Ada Pemain Sao Paulo dan Hoffenheim

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini