RI Pacu Ekspor Produk Mamin Lewat Pameran di Kazakhstan

RI Pacu Ekspor Produk Mamin Lewat Pameran di Kazakhstan
info gambar utama

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) optimistis produk-produk Indonesia dapat merambah pasar di Kazakhstan dan Asia Tengah melalui Food Expo Qazaqstan yang diselenggarakan pada 1–3 November 2023 di Almaty.

Dilansir dari Antara, Senin (6/11), Duta Besar RI untuk Kazakhstan M. Fadjroel Rachman mengungkapkan bahwa pihaknya terus intensif menggenjot peluang ekspor produk-produk Indonesia ke Kazakhstan dan Asia Tengah.

Food Expo Qazaqstan merupakan pameran industri makanan dan minuman berskala internasional terbesar di Asia Tengah. Indonesia berpartisipasi dalam ajang tersebut setelah sebelumnya ikut serta pada pameran produk halal terbesar di kawasan yang sama pada September lalu.

“Promosi perdagangan via Expo besar di tingkat kawasan perlu gencar dilakukan guna menyongsong rencana pengesahan perjanjian perdagangan bebas Indonesia dengan Eurasia pada tahun depan,” kata Fadjroel.

Punya Daya Saing, Produk Elektronik RI Mulai Merambah Pasar Global

Promosikan wisata Bali

Dalam ajang Food Expo Qazaqstan, KBRI Astana bekerja sama dengan Bali Tourism Board yang merupakan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Bali untuk mempromosikan daerah tujuan wisata Indonesia, khususnya Pulau Dewata Bali.

Partisipasi KBRI Astana pada pameran tersebut tidak hanya akan memperluas pasar ekspor produk dalam negeri, melainkan juga akan semakin meningkatkan aktivitas hubungan bilateral Indonesia-Kazakhstan di tengah perayaan 30 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Eksibitor pameran Food Expo Qazaqstan tahun ini diikuti oleh 588 perusahaan dari 59 negara. Setidaknya 7000 pengunjung yang mayoritas merupakan pengusaha dan profesional di bidang industri makanan dan minuman mengunjungi pameran tersebut.

KBRI Astana memfasilitasi booth pameran kepada lebih dari 12 perusahaan dan UMKM Indonesia untuk berpartisipasi pada Food Expo Qazaqstan 2023. Keikutsertaan Indonesia dalam pameran ini dinilai sangat penting untuk membangun kontak bisnis dengan berbagai pengusaha dan pelaku industri di kawasan.

Seni Budaya dan Produk Indonesia Mejeng di Perayaan Bulan Pariwisata Suriname

Referensi:

Antara. KBRI Astana Dorong Peluang Ekspor Produk Indonesia ke Kazakhstan. https://www.antaranews.com/berita/3807636/kbri-astana-dorong-peluang-ekspor-produk-indonesia-ke-kazakhstan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini