Pemerintah Jepang Beri Penghargaan Kepada Tiga Tokoh Indonesia, Siapa Saja?

Pemerintah Jepang Beri Penghargaan Kepada Tiga Tokoh Indonesia, Siapa Saja?
info gambar utama

Pemerintah Jepang memberikan penghargaan “The Order of The Rising Sun” kepada tiga tokoh Indonesia pada 8 November 2023 di Istana Kekaisaran Jepang. Mereka dinilai telah berjasa dalam memperkokoh hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Dilansir dari Antara, Kamis (9/11), ketiga tokoh tersebut adalah mantan Menteri Luar Negeri RI yang menjabat pada 2001–2009 Noer Hassan Wirajuda, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Profesor Universitas Negeri Surabaya Djodjok Soepardjo.

“Penghargaan-penghargaan ini istimewa karena bertepatan dengan peringatan hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Ini bentuk konkret kedekatan kedua bangsa sekaligus menjadi apresiasi Pemerintah Jepang atas jasa para tokoh ini,” kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Bangun kemitraan strategis

Pemerintah Jepang menganugerahkan Grand Cordon of the Order of the Rising Sun kepada Mantan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda atas kontribusinya membangun kemitraan strategis antara Indonesia dan Jepang.

Dalam masa jabatannya pada 2001–2009, Hassan dianggap berjasa dalam meningkatkan hubungan Jepang dan Indonesia di berbagai bidang, terutama pada berbagai kesempatan kunjungan petinggi yang penting dari kedua negara.

Pemimpin otoritas diplomasi pihak Indonesia itu dinilai berhasil menyukseskan berbagai kunjungan penting tersebut sehingga berkontribusi besar untuk mendorong hubungan persahabatan di antara kedua negara.

Indonesia Gandeng Jepang Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan

Kerja sama infrastruktur

Medali The Order of the Rising Sun
info gambar

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima penghargaan The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star atas kontribusinya dalam meningkatkan kerja sama di bidang infrastruktur.

Basuki dinilai memiliki peran penting bagi peningkatan proyek kerja sama ekonomi antara kedua negara yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dasar, termasuk jalan dan sungai melalui berbagai jabatannya di Kementerian PUPR sejak tahun 2014.

The Smiling Old Women, Kolaborasi Seniman Teater Indonesia dan Jepang

Pertukaran akademik RI-Jepang

Berikutnya, Profesor Universitas Surabaya Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt. mendapatkan bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon atas kontribusi bagi peningkatan pertukaran akademik antara Jepang dan Indonesia.

Sebagai salah satu profesor ahli bidang linguistik Bahasa Jepang, dia memberikan kontribusi dengan membimbing akademisi muda bidang Bahasa Jepang dan memajukan pengembangan studi Bahasa Jepang yang tak hanya di Unesa, melainkan juga di Indonesia.

Profesor Djodjok juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia (ASPBJI) sejak 2018. Dia dikenal berperan besar terhadap sosialisasi dan perkembangan pendidikan Bahasa Jepang termasuk juga penguatan jaringan pengajarnya.

Pengusaha Jepang Siap Pasarkan Biji Kopi Indonesia

Referensi:

Antara. Pemerintah Jepang Beri Anugerah Bintang Jasa ke Tiga Tokoh Indonesia. https://kalteng.antaranews.com/berita/664671/pemerintah-jepang-beri-anugerah-bintang-jasa-ke-tiga-tokoh-indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini