Tim Promahadesa Unej Lakukan Pelatihan Pemasaran bersama UMKM di Desa Arjasa

Tim Promahadesa Unej Lakukan Pelatihan Pemasaran bersama UMKM di Desa Arjasa
info gambar utama

Program Mahasiswa Berdesa (Promahadesa) merupakan program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember tahun 2023. Promahadesa ini merupakan kali kedua kegiatan pengabdian mahasiswa yang diselenggarakan oleh LP2M Universitas Jember. Promahadesa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan aksi nyata kepada desa yang menjadi sasaran pengabdian.

Batik adalah hasil karya yang dibuat dengan teknik khusus yang digambarkan di atas kain yang sudah diwarsikan sejak dahulu. Batik termasuk warisan leluhur bangsa Indonesia yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia oleh UNESCO.

Desa Arjasa adalah salah satu desa di Kabupaten Jember yang menjadi sentra budaya dan adat. Peninggalan budaya yang ada di desa ini masih terjaga hingga tak sedikit pula pelaku usaha kesenian yang terus mengembangkan usahanya dan menjaga nilai filosofis kesenian yang ada.

UMKM Batik Silabango merupakan salah satu UMKM di desa arjasa yang memproduksi dua jenis batik, yaitu batik tulis dan batik cap. Kendala yang dirasakan selama ini adalah strategi pemasaran produk yang kurang tepat sehingga dapat mengurangi perolehan pangsa pasar dan berimbas pada proses produksi yang tidak berkelanjutan.

Parade Surabaya Juang Meriahkan Jalanan Surabaya

Tim Promahadesa Universitas Jember tahun 2023 melakukan pengabdian di Desa Arjasa dengan tahap awal melakukan pendekatan dan komunikasi dengan UMKM Batik Silabango serta UMKM di sekitarnya, tim juga melakukan komunikasi terkait hal-hal yang menghambat usaha mereka. Salah satu yang menjadi masalah dalam usaha merka adalah ketidakpastian produksi karena permintaan pasar yang tidak tentu.

Hal ini dapat terjadi karena strategi pemasaran yang kurang tepat sehingga sangat berpengaruh terhadap proses produksi dan keberlanjutan usahanya. Tim Promahadesa Universitas Jember mencoba memberikan solusi dengan memberikan pelatihan pemasaran kepada UMKM Batik Silabango dan UMKM di sekitar Desa Arjasa untuk bersama menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

“Kami mencoba memberikan solusi dengan memberikan pelatihan pemasaran untuk UMKM Batik Silabango serta agar kebermanfaatannya juga berdampak pada yang lain kami juga mengajak UMKM di sekitar Arjasa untuk turut bergabung dengan pelatihan ini,” ungkap Naufal Rizky selaku ketua Promahadesa Universitas Jember tahun 2023.

Kegiatan Pelatihan yang dilakukan Tim Promahadesa Universitas Jember tahun 2023 mengusung tema “Pemasaran dan Pengelolaan UMKM menuju Ekonomi Kreatif” dengan tagline “Membangun Sukses bersama Batik Silabango”.

Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Arjasa ini dilakukan oleh Tim Promahadesa Universitas Jember yang terdiri dari 10 mahasiswa yaitu Naufal Rizky Wahyu P. selaku ketua dengan sembilan anggotanya yaitu Vinka Oktavia Pramesti, Amaliya Putri Wahyuni, Umrotus Shofiyatul Fadhiyah, Essa Tri Handayani, Galuh Salsabila Yusviva, Revita Kurniasari, Firman Setia Wibowo, Yuris Putri Salsabila, dan Muchammad Fajar Asrofi pada Minggu (22/10/2023).

Pelatihan pemasaran ini dikemas dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Eko Nuryahya sebagai founderjemberpreneur. UMKM lain yang terlibat dalam pelatihan pemasaran ini adalan pengerajin kulit dan keripik. Eko Nuryahya memberikan kiat-kiat yang dapat dilakukan oleh UMKM agar proses produksinya tidak mengalami kemacetan produksi.

Mengungkap Rahasia Umur Panjang Masyarakat Kampung Adat Miduana

Eko juga memberikan contoh supaya UMKM dapat segera eksekusi berdasarkan materi yang telah mereka terima. Para peserta menyimak materi dengan antusia dan cukup banyak interaksi tanya jawab yang dilakukan. Pelatihan pemasaran ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan produk agar proses produksi dapat dilakukan secara berkelanjutan dan dapat menjadi dorongan bagi UMKM Batik Silabango dan UMKM terkait agar terus mengembangkan usahanya dengan teknik pemasaran yang dapat dilakukan di kemudian hari.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

VO
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini