100 UMKM Meriahkan Pesta Kreasi Mie Ayam di Kota Solo, Wisatawan Auto Kenyang!

100 UMKM Meriahkan Pesta Kreasi Mie Ayam di Kota Solo, Wisatawan Auto Kenyang!
info gambar utama

Festival UMKM “Pesta Kreasi Mie Ayam 2023” yang digelar di Pamedan Mangkunegaran, Kota Solo berlangsung meriah. Kegiatan yang diadakan oleh Paguyuban Mie Ayam Tunggal Rasa ini berpotensi memperkuat daya Tarik Kota Solo untuk menjaring lebih banyak wisatawan.

Dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, Pesta Kreasi Mie Ayam 2023 menghadirkan lebih dari 100 pelaku UMKM mie ayam yang datang dari Kota Solo maupun daerah lainnya di Jawa Tengah. Festival ini terbuka bagi wisatawan yang ingin mencicipi nikmatnya semangkuk mie ayam.

Turut hadir dalam festival tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno mendorong agar pelaku ekonomi kreatif khususnya pelaku UMKM mie ayam terus berkreasi dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Mereka diharapkan dapat menghadirkan ragam kuliner yang menarik bagi wisatawan.

Magnet bagi wisatawan

Pesta Mie Ayam Solo 2023
info gambar

Kuliner memang menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Hampir 48 persen wisatawan memilih berkunjung ke kota-kota besar di Indonesia karena memiliki daya tarik wisata kuliner. Untuk itu, gelaran Pesta Kreasi Mie Ayam 2023 diharapkan menambah daya tarik wisatawan.

Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan festival tersebut. Dengan ini, menurutnya masyarakat akan dapat mengenal lebih jauh mie ayam yang ada di Solo dan Jawa tengah sebagai salah satu kuliner favorit masyarakat sejak lama.

Selain itu, pihaknya juga berharap agar mie ayam yang identik dengan kudapan pinggir jalan itu dapat terus lestari melalui festival Pesta Kreasi Mie Ayam 2023. Tak hanya dari versi tradisionalnya, tetapi juga kreasi modernnya yang makin berkembang saat ini.

Manis Gurih dalam Kemeriahan Budaya Kuliner Kota Solo

Kota Kreatif UNESCO

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (15/11), Kota Solo di Jawa Tengah baru-baru ini juga masuk dalam daftar Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities) pada 31 Oktober lalu, untuk kategori Kerajinan dan Kesenian Rakyat.

Diakuinya kota batik itu menjadi bukti atas komitmen pemerintah setempat dalam memanfaatkan budaya dan kreativitas sebagai bagian dari strategi pembangunan. Capaian ini juga menunjukkan praktik-praktik inovatif dalam perencanaan kota yang berpusat pada manusia.

Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay mengungkapkan Kota Solo sebagai salah satu kota dalam daftar, nantinya akan bekerja sama dengan anggota Kota kreatif Lainnya untuk memperkuat ketahanan dalam menghadapi ancaman yang terus berkembang.

Cambuk Rambak, Makanan Khas Solo yang Kini Jadi Barang Langka

Referensi:

Kompas.com. Solo Masuk Daftar Baru Kota Kreatif UNESCO 2023. https://travel.kompas.com/read/2023/11/03/071000727/solo-masuk-daftar-baru-kota-kreatif-unesco-2023?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini