Jaga Perdamaian, Briptu Renita Raih Penghargaan Polwan Terbaik dari PBB

Jaga Perdamaian, Briptu Renita Raih Penghargaan Polwan Terbaik dari PBB
info gambar utama

Briptu Renita Rismayanti dinobatkan sebagai pemenang Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik 2023 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Serah terima penghargaan bakal digelar dalam upacara khusus di Markas Besar PBB, New York, hari ini, Rabu (15/11/2023).

Polwan asal Polda Jawa Tengah itu terlibat dalam misi penjagaan perdamaian PBB di Republik Afrika Tengah atau MINUSCA. Renita menjabat sebagai Petugas Basis Data Kejahatan. Melalui peran tersebut, dia dianggap telah membantu membuat konsep dan mengembangkan basis data penting yang memungkinkan Polisi PBB untuk memetakan dan menganalisis titik-titik kejahatan ataupun kekacauan.

Kepala Operasi Perdamaian PBB Jean-Pierre Lacroix mengungkapkan, inovasi dan upaya Renita berkontribusi signifikan dalam meningkatkan keamanan bagi komunitas rentan, termasuk wanita dan anak perempuan. Ia sangat membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi dengan lebih baik dalam mendukung warga sipil.

“Dia menjadi contoh yang bagus tentang partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam pemeliharaan perdamaian, meningkatkan efektivitas upaya perlindungan dan pembangunan perdamaian, agar dapat lebih baik dalam menghadapi tantangan saat ini dan masa depan,” ujar Jean, Minggu (12/11/2023).

Lulusan Terbaik Akpol Turki, Briptu Tiara Nissa Pidato di Depan Presiden Erdogan

Polwan PBB termuda

Renita sat ini berusia 27 tahun dan tercatat sebagai Petugas Polwan PBB termuda tahun ini. Dia memulai karier di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai petugas informasi publik pada 2014. Dia juga pernah bekerja di bidang pelatihan, administrasi, serta logistik.

Dalam pernyataan resmi, Renita mengaku beruntung bisa memanfaatkan keterampilan teknologi yang dia miliki demi kepentingan para petugas dalam misi tersebut.

“Saya berharap visibilitas yang didapat dari memenangkan penghargaan ini akan memperkuat kalangan wanita dan anak perempuan bahwa semua bidang keahlian di bidang kepolisian terbuka untuk kita,” katanya.

Sementara itu, Faisal Shahkar, Penasihat Polisi PBB, mengatakan bahwa Renita mewakili masa depan kepolisian PBB karena ia berhasil mencapai banyak hal di bidang yang biasanya didominasi laki-laki.

“Dia dan rekan-rekannya membantu membangun kepercayaan dan keyakinan antara pemerintah daerah dengan masyarakat, sehingga menjadikan pekerjaan kami lebih efektif dan masyarakat pun lebih aman,” ucap Faisal.

Kenali Urutan Pangkat Polisi dari Paling Rendah Sampai Tertinggi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini