Lulusan Terbaik Akpol Turki, Briptu Tiara Nissa Pidato di Depan Presiden Erdogan

Lulusan Terbaik Akpol Turki, Briptu Tiara Nissa Pidato di Depan Presiden Erdogan
info gambar utama

Polisi Wanita asal Indonesia, Briptu Tiara Nissa Zulbida, dinobatkan sebagai lulusan terbaik dari Sekolah Kejuruan Polisi Akademi Kepolisian Gölbasi, Turki, Rabu (26/7/2023). Briptu Tiara Nissa meraih peringkat lima besar dan berhasil maju sebagai perwakilan 87 siswa tamu dari 16 negara di dunia.

Pada upacara wisuda, anggota Polda Jatim itu berkesempatan menjadi orang pertama yang menyampaikan pidato di depan Presiden Republik Turki Recep Tayyib Erdogan dan seluruh tamu undangan.

“Bapak Presiden yang saya hormati, kami datang ke Akademi Kepolisian Turki ini dari 16 Negara yang berbeda, namun memiliki mimpi dan tujuan yang sama, yaitu untuk dapat melayani negara kami dengan loyalitas dan kesuksesan,” tutur Tiara Nissa mengawali pidatonya dalam bahasa Turki.

Datang dari Kabupaten Pasuruan, Nissa memulai pendidikan program Capacity Building “Pelatihan Kapolri Tingkat Pertama dan Magister Non Skripsi” pada 2021. Di atas podium, dia mengatakan bahwa peran setiap lulusan sangat penting dalam membawa nilai-nilai kebudayaan serta visi misi untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada bangsa dan negara masing-masing.

“Saya bangga lulus hari ini setelah melewati pendidikan kepolisian yang kami terima di Akademi Kepolisian Turki, yang merupakan Instansi terkemuka negara Republik Turki, yang telah menerima kami di dalam milestone perjalanan ini untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk bangsa dan negara” ucap Nissa menurut keterangan tertulis yang GNFI terima.

Diterima 21 Kampus Top Dunia, Masalah Pembangunan Jadi Alasan Maulana Pilih UC Berkeley

Presiden Turki Erdogan menyatakan dalam pidatonya, sebanyak 2.089 petugas polisi menyelesaikan masa jabatan ke-6 mereka, 497 wanita dan 1.592 pria. Dia pun mengucapkan selamat kepada para wisudawan karena telah berhasil menyelesaikan proses pelatihan yang sulit dan intensif selama 2 tahun.

“Demikian pula, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga Anda yang membesarkan Anda sebagai individu yang memiliki kesadaran mengabdi kepada negara, bangsa, dan negara dengan bermartabat,” kata Erdogan dalam siaran resmi Kepresidenan Urusan Agama Turki.

Erdogan memberikan secara langsung cendera mata kelulusan kepada Nissa sebagai salah satu peserta didik terbaik. Pada kesempatan itu, dia sempat menitipkan salam untuk Presiden RI Joko Widodo.

“Benden Widodo’ya Selam, Endonezya’ya Selam” yang artinya sampaikan salam dari saya untuk Bapak Joko Widodo dan salam untuk Indonesia.

Nissa lulus bersama dua anggota Polri lainnya, yakni Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepri dan Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat. Ketiga polisi ini akan pulang ke Indonesia pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Kholidin, Penjual Bubur yang Jadi Wakil Indonesia di Paralimpiade Paris 2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini