AGV-TRACKLESS Besutan ASTRAtech Turut Inspirasi Merdeka Innovation Summit 2023

AGV-TRACKLESS Besutan ASTRAtech Turut Inspirasi Merdeka Innovation Summit 2023
info gambar utama

Politeknik Astra (ASTRAtech) menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang terpilih oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI untuk turut memberikan insight hasil pengembangan teknologi dalam acara Merdeka Innovation Summit (MIS) pada 16 – 17 November 2023 (MIS 2023) bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, MIS 2023 membahas topik pengembangan SDM, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Acara MIS 2023 kali ini terbagi menjadi beberapa segmen diantaranya, Main Hall, InnovTalks, The Expo, dan Networking Area. Afianto selaku Project Leader Automated Guide Vehicle (AGV) Trackless ASTRAtech menjadi salah satu pembicara dalam InnovTalks pada hari pertama MIS 2023.

Astra Berkolaborasi dengan Google dan Amazon Perkuat Ekosistem Digital

InnovTalks dikemas dalam bentuk sesi singkat yang memberikan kesempatan untuk para inovator atau pakar industri berbagi cerita perjalanan mereka dalam mengembangkan inovasi unggulannya serta menyampaikan dampaknya kepada masyarakat dan indsutri.

Afianto membawakan materi AGV-Trackless yang merupakan inovasi terbaru dari ASTRAtech dan dikembangkan bersama Dunia Usaha Industri (DUDI) PT Artifa Sukses Persada (Asperio).

Sebelumnya, AGV-Trackless juga terpilih dalam beberapa kegiatan pameran yang diadakan oleh Kemendikbudristek seperti Hari Teknologi Nasional (HARTEKNAS) 2023, Trade Expo Indonesia (TEI) 2023, hingga akhirnya materi teknologi ini terpilih juga untuk dibawakan di Innovtalks MIS 2023.

“Materi yang dibawakan adalah AGV-Trackless sebab, berdasarkan hasil dari seleksi Kemendikbudristek RI terhadap beberapa produk hasil Matching Fund 2022,” ungkap Afianto, pada Selasa, (14/11).

Matching Fund?

Matching Fund merupakan dana hibah program Kedaireka Kemendikbudristek RI yang diberikan kepada perguruan tinggi dan industri yang berkolaborasi dalam pengembangan inovasi. Dimana inovasi tersebut diharapkan bisa dapat direalisasikan bahkan dikomersialisasikan bukan hanya sekedar prototype saja.

Afianto berharap, karya inovasi AGV-Trackless ini dapat menjadi salah satu pilihan para calon pengguna AGV yang didominasi konsumen di industri dan dapat mengurangi jumlah impor yang diproyeksikan ke depan akan semakin naik kebutuhannya.

Proses pengembangan AGV-Trackless sampai akhirnya, bisa dikomersialisasikan masih membutuhkan beberapa tahapan seperti, pengujian keandalan sistem yang memakan waktu kurang lebih enam bulan, pengujian produk sampai dapat sertifikat layak jual, dan pengukuran Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) agar dapat dipasarkan dalam negeri.

Bantu Anak Tidak Mampu, Farid Bangun Sekolah Dibayar Sayur dan Doa

Afianto juga berharap, karya inovasi AGV-Trackless ini dapat menjadi salah satu pilihan para calon pengguna AGV yang didominasi konsumen di industri dan dapat mengurangi jumlah impor yang diproyeksikan ke depan akan semakin naik kebutuhannya.

“AGV-Trackless buatan ASTRAtech ini diperkirakan akan menjadi salah satu pilihan yang memberikan banyak keuntungan dan pendapatan dalam negeri,” ujar Afianto.

Kolaborasi inovasi

Bersama AGV-Trackless ada beberapa riset lainnya, besutan ASTRAtech yang berhasil diwujudkan berkat hasil dari Matching Fund 2022 dari Kedaireka diantaranya, seperti mesin CNC Innostra yang kini sudah sampai tahap komersialisasi, kemudian Trailer Jetski. MIS 2023 mengusung tema ‘Knowledge-Powered Economic Resilience through Innovation’ yang mencerminkan semangat kolektif Indonesia dalam mewujudkan visi yang besar.

“Tujuan utama dari summit ini adalah mendorong kolaborasi inovasi yang revolusioner. Oleh karena itu, kami hadirkan pakar-pakar inovasi terbaik mancanegara,” ungkap Ketua Pelaksana MIS 2023, Achmad Adhitya dalam grand opening MIS 2023, Kamis (16/11).

Selain untuk mewujudkan visi Indonesia emas 2045, kegiatan MIS 2023 ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi karena berdasarkan data dari World Intellectual Property Organization (WIPO) pada tahun 2022, Indonesia berhasil masuk ke peringkat 75 dari 132 negara dalam indeks inovasi global untuk kolaborasi riset dan pengembangan antara universitas dan industri.

Lima Pemuda Inspiratif Terima Apresiasi 14th SATU Indonesia Awards 2023 dari Astra

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI, Prof. Ir. Nizam, P.h.D, mengatakan acara ini diselenggarakan untuk mendorong kolaborasi riset yang lebih luas.

“Acara ini diadakan sebagai apresiasi sekaligus mendorong kolaborasi inovasi yang lebih lanjut di Indonesia serta berharap kolaborasi yang terjadi bukan hanya di tingkat nasional saja melainkan juga internasional,” tuturnya.

Afianto juga mengucapkan terimakasih kepada Kedaireka karena berkat dana hibah yang diberikan ASTRAtech bisa mewujudkan inovasi AGV-Trackless ini bersama PT Asperio.

“Terima Kasih kepada Kedaireka atas Program Matching Fund 2022 sehingga mempertemukan industri dengan institusi pendidikan dimana akan lebih terpola, lebih terstruktur dalam melaksanakan join riset,” tutupnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini