TransJakarta Rogoh Rp600 Miliar untuk Revitalisasi 45 Halte

TransJakarta Rogoh Rp600 Miliar untuk Revitalisasi 45 Halte
info gambar utama

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) tengah merevitalisasi atau mengaktifkan kembali 45 halte bus. Total biaya yang digelontorkan untuk pekerjaan ini mencapai Rp600 miliar.

Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza menyampaikan, revitalisasi halte dilakukan demi meningkatkan layanan kepada masyarakat. Hal ini dipicu peningkatan jumlah penumpang terus menerus. Pada Minggu (12/11), misalnya, jumlah penumpang TransJakarta tembus 1,13 juta per hari.

“Selama 3-4 bulan terakhir bahkan angka pelanggan yang kami layani lebih dari sebelum pandemi," ujar Welfizon saat kegiatan Site Visit Halte Cawang Central, Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023), dikutip dari detik.com.

Temukan Semangat Barumu, Kolaborasi Astra Bersama Yessiow di Halte Transjakarta

Dia lalu menerangkan bahwa sebanyak 34 halte telah selesai direvitalisasi dan sudah beroperasi. Dalam waktu dekat, dua halte lain juga akan segera beroperasi di koridor 14, yaitu Halte Tanah Tinggi dan Benyamin Sueb. Sementara itu, tersisa 9 unit halte yang masih dalam proses pengerjaan.

Welfizon mengatakan bahwa Halte Cawang Central yang dikunjunginya juga akan segera selesai. Progres penggarapannya saat ini telah mencapai 70 persen dan ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2023.

Dia menyebut, halte itu dahulu bernama Halte Cawang UKI. Namun, ketika beroperasi, namanya akan berubah menjadi Cawang Central. Perubahan nama itu, kata dia, dilakukan karena Halte Cawang Central akan menjadi salah satu halte terbesar di Jakarta. Ia juga akan menjadi penghubung beberapa koridor.

“Cawang Central ini salah satu halte terbesar di timur Jakarta dan menjadi episentrum dari beberapa rute yang cukup padat, ada sekitar 12 rute yang melintas,” tuturnya.

Pada tahap revitalisasi, kapasitas Halte Cawang Central akan diperbesar tiga kali lipat dari sebelumnya menampung 800 pelanggan menjadi 2.400 pelanggan. Setelah beroperasi nanti, tiga bus akan dapat menaikkan atau menurunkan penumpang secara bersamaan.

Tetap Hemat, Melintasi Jakarta Pakai TransJakarta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini