Pemilu 2024: Milenial dan Gen Z Jadi Juru Kunci

Pemilu 2024: Milenial dan Gen Z Jadi Juru Kunci
info gambar utama

Pesta demokrasi pemilihan umum 2024 sudah di depan mata. Para calon pemegang kekuasaan eksekutif hingga legislatif negeri ini mulai menunjukkan taringnya. Kampanye akan dimulai 28 November nanti. Namun, kini baliho dengan wajah sumringah para calon wakil rakyat beserta slogan kemenangannya sudah banyak menghiasi bahu jalan.

Pemilu 2024 di Indonesia akan menjadi tonggak sejarah yang penting, dengan satu kelompok generasi yang dianggap sebagai penentu utama hasilnya - milenial dan Gen Z. Generasi yang terdiri dari individu yang lahir antara tahun 1981 hingga 2010 ini memiliki peran yang krusial dalam menentukan arah politik dan masa depan bangsa.

Kontestasi lima tahunan kali ini diperkirakan akan diikuti sebanyak 204.807.222 pemilih (KPU, 2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 66, 8 juta pemilih adalah generasi milenial dan pemilih dari gen Z juga ikut mendominasi yakni sebanyak 46, 8 juta pemilih. Angka tersebut menunjukkan bahwa generasi Milenial memiliki 33, 60% suara, sedangkan Gen Z sendiri memegang 22, 85% suara (Komara, 2023).

Meriahnya Tokyo Lights 2023 dengan Karya Anak Bangsa dan Kostum Garuda

Dengan persentase sebaran suara tersebut, maka tidak heran apabila pemilu kali ini generasi Milenial dan Gen Z menjadi juru kuncinya. Suara dari dua generasi ini yang akan banyak diperebutkan oleh para calon pemimpin eksekutif maupun legislatif.

Milenial dan Gen Z adalah dua generasi yang tumbuh berdampingan dengan teknologi digital yang perkembangannya sangat pesat. Mereka adalah generasi yang terhubung secara online, berbagi informasi dengan cepat, dan memahami kekuatan media sosial.

Oleh karena itu, mereka memiliki pengaruh yang besar dalam pesta demokrasi kali ini terutama dalam menyebarkan pesan politik, memobilisasi pemilih, hingga membentuk opini publik. Bahkan dalam kondisi ini, milenial dan Gen Z memiliki kemampuan untuk mengubah permainan politik.

Tidak hanya itu, Milenial dan Gen Z juga memiliki pandangan yang berbeda tentang isu-isu penting, seperti lingkungan, kesetaraan, hak asasi manusia, dan kesehatan. Mereka cenderung lebih progresif dan terbuka terhadap perubahan. Kemampuan generasi ini untuk berpikir kritis dan berpartisipasi dalam diskusi politik akan menjadi kekuatan penting dalam mempengaruhi agenda politik.

Tidak hanya hadir sebagai pemegang sebaran suara terbanyak, namun Milenial dan Gen Z juga datang dengan tanggung jawab besar dalam pemilu 2024. Mereka perlu terlibat aktif dalam proses politik, termasuk memahami isu-isu yang relevan dan memastikan untuk menggunakan hak pilih mereka. Hanya dengan partisipasi aktif inilah, perubahan yang diinginkan dapat terjadi.

Presiden Jokowi Temui Joe Biden di AS, Bahas Kondisi Palestina

Selain itu, perlu ditekankan bahwa generasi ini juga harus menjunjung tinggi adanya transparansi, akuntabilitas, dan integritas selama proses pemilu. Mereka harus berperan sebagai penjaga demokrasi, memastikan bahwa pemilu berjalan adil dan bebas dari kecurangan.

Penting juga untuk diingat bahwa pemilu bukan akhir dari perjuangan politik, tetapi awal dari perjalanan panjang dalam mendukung dan mengawasi para pemimpin yang terpilih. Milenial dan Gen Z dapat terus memengaruhi agenda politik dengan mengawasi kinerja para pemimpin yang mereka pilih, memberikan masukan, dan mendukung perubahan yang mereka ingin lihat.

Pemilu 2024 merupakan kesempatan bagi generasi Milenial dan Gen Z untuk membuktikan bahwa mereka bukan hanya generasi yang berbicara, tetapi juga generasi yang berani bertindak. Dengan potensi besar yang mereka miliki dalam mengubah permainan politik, generasi ini benar-benar menjadi juru kunci dalam menentukan arah politik dan masa depan bangsa. Perubahan positif dapat terjadi jika mereka bersatu dan bergerak bersama demi Indonesia yang lebih baik.

Sumber:

  • https://news.detik.com/pemilu/d-6928759/puluhan-juta-gen-z-bakal-nyoblos-di-2024-seberapa-besar-efeknya
  • https://www.kpu.go.id/berita/baca/11702/dpt-pemilu-2024-nasional-2048-juta-pemilih#:~:text=Jul%202%2C%202023-,DPT%20Pemilu%202024%20Dalam%20Negeri,Negeri%2C%20204%2C8%20Juta%20Pemilih&text=Jakarta%2C%20kpu.go.id,2024%20sebanyak%20204.807.222%20pemilih.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini