Cerdas dan Berbakat! Polisi Wanita Indonesia Terima Penghargaan dari PBB

Cerdas dan Berbakat! Polisi Wanita Indonesia Terima Penghargaan dari PBB
info gambar utama

Briptu Renita Rismayanti dari Indonesia dinobatkan sebagai Polwan Terbaik 2023 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan Pekan Polisi PBB yang berlangsung di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, pada 13–17 November 2023.

Dikutip dari laman Detiknews, Rabu (22/11), Briptu Renita menjalankan tugas sebagai Petugas Basis Data Kejahatan di misi penjaga perdamaian PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA). Dia mendapatkan apresiasi atas kontribusi luar biasa dalam bidang pemolisian digital, yang biasanya didominasi polisi laki-laki.

Dalam tugasnya itu, Briptu Renita membantu membuat konsep yang memungkinkan polisi PBB dapat memetakan dan menganalisis titik-titik rawan kejahatan. Kinerjanya ini berguna untuk membantu pasukan keamanan negara dalam merencanakan operasi.

Berdampak pada masyarakat lokal

Wakil Sekretaris Jenderal untuk Operasi Perdamaian Jean-Pierre Lacroix menyebut operasi yang dilakukan oleh Briptu Renita berdampak pada kelompok masyarakat lokal. Terlebih lagi bagi perempuan dan anak perempuan yang paling terkena dampak kejahatan seksual serta kekerasan berbasis gender lainnya.

Pihak PBB menilai kinerja dari polwan berusia 27 tahun ini sebagai contoh peran serta kepemimpinan perempuan dalam upaya menjaga perdamaian. Program yang dirancang Briptu Renita itu bahkan dianggap menjadi jawaban atas tantangan di masa depan.

Sebagai Peacekeeper termuda, Briptu Renita berharap agar penghargaan the 13th United Nations Women Police Officer yang diperolehnya akan memperkuat potensi perempuan dan anak-anak perempuan bahwa mereka juga dapat menguasai semua bidang keahlian seperti dalam hal kepolisian.

Mischka dan Devon: Kakak Beradik yang Mengukir Prestasi di Dunia

Buktikan potensi Indonesia

Penghargaan yang diterima oleh Briptu Rismayanti dinilai dapat membawa citra positif bagi Polri. Kemampuannya dalam mengembangkan database criminal internal security serta UNPOL case management platform menunjukkan kerja anggota polwan Polri bisa bersaing di level internasional, khususnya dalam misi perdamaian PBB.

Penghargaan tersebut bukan hanya prestasi individu, tetapi juga mencerminkan komitmen Indonesia dalam mendukung perdamaian dunia seperti yang diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pada alinea keempat.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan kontributor pasukan perdamaian terbesar ke-7 di dunia, memiliki 154 Formed Police Unit dan 18 Individual Police Officers yang ditugaskan dalam misi pemeliharaan perdamaian MINUSCA per September 2023, termasuk 33 peacekeepers ini adalah sosok perempuan.

Bela Diri Hapkido Harumkan Nama Indonesia, Prestasi Membanggakan Diraih di Kejuaraan Dunia

Referensi:

Detiknews. Bangga! Briptu Renita Rismayanti Raih Penghargaan Polwan Terbaik dari PBB. https://news.detik.com/berita/d-7038217/bangga-briptu-renita-rismayanti-raih-penghargaan-polwan-terbaik-dari-pbb

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini