Indonesia Happy! Transaksi Lelang Nasional Tembus Target 2023

Indonesia Happy! Transaksi Lelang Nasional Tembus Target 2023
info gambar utama

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membukukan total transaksi lelang hingga Oktober 2023 sebesar Rp33,1 triliun. Jumlah itu telah melampaui target pemerintah tahun ini di angka Rp33 triliun.

Dilansir dari Detikfinance, Kamis (23/11), Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban menyebut nilai pokok lelang tersebut turut memberikan kontribusi terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP) senilai Rp682 miliar.

“Kinerja lelang nasional sampai dengan Oktober 2023, telah mencapai Rp682 miliar untuk PNBP bea lelang. untuk pokok lelangnya telah mencapai Rp33,1 triliun,” kata Rio dalam acara Anugerah Reksa Bandha Kemenkeu pada 22 November lalu.

Perbaikan layanan lelang

Selain mengelola aset negara, DJKN diketahui juga bertanggung jawab atas pelayanan lelang. Oleh karena itu, peningkatan kinerja ini perlu diimbangi dengan perbaikan layanan. Rio mengungkapkan bahwa pihaknya tengah melakukan rekayasa ulang portal lelang Indonesia.

Rio menilai transformasi pelayanan digital itu penting untuk mewujudkan lelang yang mudah, objektif dan aman digunakan oleh masyarakat. Terlebih lagi, lelang menjadi salah satu instrumen yang dapat menggerakkan perekonomian Tanah Air.

Adapun peningkatan dan perbaikan layanan lelang tersebut merupakan buah dari kerja keras dan kolaborasi semua pihak yaitu DJKN bersama semua stakeholder lelang, antara lain pemohon lelang, penyelenggara lelang, dan pejabat lelang kelas II.

6 Proyek Tol Siap Lelang 2024, Nilai Investasi Nyaris Rp50 Triliun

Tunjukkan tren positif

Dalam catatan Detikcom, nilai transaksi lelang nasional terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. Dimulai dari tahun 2017, transaksi lelang mencapai Rp16 triliun, kemudian 2018 sebesar Rp18 triliun dan 2019 tembus Rp27 triliun.

Merebaknya pandemi COVID-19, membuat realisasi lelang pada 2020 menurun sebesar Rp26,20 triliun. Angka ini kembali meningkat pada 2021 sebesar Rp35,16 triliun. Kemudian pada 2022, DJKN mencatatkan rekor sepanjang 115 tahun dengan nilai Rp35,23 triliun.

Menkeu Sri Mulyani menyebut lelang bukan sebatas melakukan penawaran untuk mendapatkan nilai terbaik, namun kini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses pemasaran UMKM sekaligus memulihkan hak keuangan negara dari aparat penegak hukum (APH).

Pendapatan Negara Capai Rp2.035,6 Triliun per September 2023

Referensi:

Detikfinance. Transaksi Lelang Negara Sudah Lewati Target, Tembus Rp33,1 Triliun. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7050858/transaksi-lelang-negara-sudah-lewati-target-tembus-rp-33-1-t

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini