RI Jadi Tamu Kehormatan di Pameran Inovasi dan Teknologi Tiongkok

RI Jadi Tamu Kehormatan di Pameran Inovasi dan Teknologi Tiongkok
info gambar utama

Indonesia didapuk menjadi tamu kehormatan dalam pameran inovasi dan teknologi bergengsi di Kota Mianyang, Tiongkok, pada 22–26 November 2023. Penunjukkan guest country of honor ini dilakukan dalam rangka memperingati 10 tahun kerja sama Indonesia-Tiongkok.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, Duta Besar RI untuk RRT Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa melalui Paviliun Indonesia, masyarakat Tiongkok dapat melihat capaian capaian inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Terdapat lima prioritas yang ingin Indonesia fokuskan dalam bidang riset dan teknologi, yaitu ekonomi hijau, ekonomi maritim, ekonomi digital, kesehatan, serta pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Dubes Djauhari saat membuka Paviliun Indonesia.

Promosikan budaya-produk unggulan

Selain bidang IPTEK, pengunjung pameran juga dapat menikmati produk-produk ekspor makanan dan minuman unggulan Indonesia yang telah memasuki pasar di Tiongkok. Mulai dari sarang burung walet, kopi, wafer, biskuit, santan, hingga minuman air kelapa.

Dalam eksibisi the 11th China Science & Technology City International High-Tech Expo ini, Indonesia juga menampilkan kebudayaan Tanah Air. Salah satunya adalah pertunjukan tari Enggang oleh Sanggar Tari Ying De Rainbow Thousand Island saat pembukaan paviliun.

Selain itu, Indonesia juga memamerkan foto-foto keindahan alam dan kebudayaan Indonesia dalam Indonesia Nature and Cultural Photography Exhibition yang diselenggarakan di Museum Mianyang pada 21 November 2023 hingga 21 Februari 2024.

Terdapat 80 foto keindahan alam dan budaya Indonesia yang dipamerkan, khususnya Bali dan 5 destinasi super prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. Hal ini dilakukan mengingat tingginya potensi wisatawan dari RRT.

Ketika Orang Tiongkok Berbondong-bondong Berburu Emas di Kalbar

Tingkatkan kerja sama

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin turut memanfaatkan momen dengan menggelar pertemuan bilateral bersama Anggota Komite CPC Provinsi Sichuan dan Sekjen CPC Kota Mianyang untuk membahas potensi kerja sama di bidang IPTEK.

Menkes Budi mengungkapkan bahwa Indonesia mengusung enam agenda untuk melanjutkan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan. Pihaknya berharap agar dapat berkolaborasi dengan Sichuan dalam hal industrialisasi, digitalisasi, hingga pendidikan.

Selama ini, RRT juga dikenal sebagai mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia. Pada Januari–September 2023, total perdagangan kedua negara mencapai 103,21 miliar dolar AS. Sementara nilai investasi RRT ke Indonesia mencapai 5,6 miliar dolar AS.

Pemerintah Ajak Produsen Kendaraan Listrik Tiongkok Produksi di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini