Menanti Kepastian Masa Depan Pratama Arhan, Tinggalkan Tokyo Verdy Menuju Korsel?

Menanti Kepastian Masa Depan Pratama Arhan, Tinggalkan Tokyo Verdy Menuju Korsel?
info gambar utama

Pratama Arhan membawa Tokyo Verdy ke kasta tertinggi Liga Jepang. Namun, publik belum mengetahui kepastian akan masa depan kariernya selepas dari sana.

Pesepak bola asal Indonesia Pratama Arhan mengakhiri musim pertamanya di sepal bola Jepang dengan cukup apik. Klubnya, yakni Tokyo Verdy memastikan diri promosi dari J2 League ke J1 League musim depan.

Tokyo Verdy memastikan tiket ke J1 League lewat laga play-off mengjadapi Shimizu S-Pulse. Bermain di Stadion Nasional Jepang, Shinjuku, Tokyo, pada Sabtu (2/12) Tokyo Verdy menahan imbang sang lawan dengan skor 1-1.

Dengan demikian, Tokyo Verdy akan bermain di kompetisi level tertinggi sepak bola Jepang musim depan. Apalagi, sudah 15 tahun berlalu sejak keikutsertaan klub asal ibu kota Jepang itu di J1 League.

Di balik pencapaian apik ini, ada teka-teki mengenai masa depan Arhan. Sebab, sampai saat ini belum diketahui ke mana pemain asal Jawa Tengah itu akan melanjutkan kariernya.

Final Piala Dunia U-17 2023, Sepenggal Kisah dari Budapest yang Terulang di Surakarta

Arhan Menuju Korsel?

Arhan sudah bergabung dengan Tokyo Verdy sejak Maret 2022. Saat itu, ia didatangkan setelah menyabet gelar pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Dalam musim pertamanya di Tokyo Verdy, Arhan yang berposisi utamanya bek kiri kesulitan untuk bisa jadi pilihan utama di tim. Menit bermain yang didapatnya pun terbilang minim.

Berdasarkan data Transfermarkt, Arhan hanya tampil tiga kali bersama Tokyo Verdy sepanjang musim 2023. Total waktu bermainnya adalah 210 menit. Ketimbang Arhan, Pelatih Tokyo Verdy Hiroshi Jofuku lebih memilih mempercayakan posisi bek kiri kepada Ren Kato.

Di tengah situasi tersebut, muncul isu mengenai kansnya untuk meninggalkan Tokyo Verdy dan hijrah ke klub lain. Adalah media asal Korea Selatan (Korsel) Chosun yang pada September lalu memberitakan bahwa Arhan akan hijrah ke Korsel untuk bergabung dengan Suwon FC.

"Suwon FC selangkah lagi akan merekrut pemain Indonesia Pratama Arhan. Kesepakatan sudah tercaoai dengan Arhan yang berstatus free agent, dan detail kesepakatan akan segera difinalisasi. Diharapkan pengumuman kepindahan akan disampaikan pada waktunya," ungkap sumber Chosun yang tidak dibuka identitasnya.

Chosun menyebut jika Suwon FC membutuhkan Arhan untuk meremajakan skuadnya di mana sejumlah pemainnya telah semakin menua. Di samping itu, Suwon FC juga ingin menjadikan Arhan sebagai bagian dari strategi marketing mereka.

Hanya saja, hingga saat ini memang belum ada pengumuman resmi mengenai nasib Arhan. Baik itu dari Tokyo Verdy atau Suwon FC, juga Arhan sendiri dan agennya Dusan Bogdanovic belum menyampaikan kepastian apapun tentang ke mana sang pemain akan berlabuh selanjutnya.

Mengenang Jasa MH Thamrin untuk Sepak Bola Jakarta Lewat Pameran Arsip Berita

Referensi:

  • https://m.sports.chosun.com/football/2023-09-26/202309270100202070025128

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini