Gedung Baru KBRI Tokyo, Etalase Kebhinekaan yang Tahan Gempa

Gedung Baru KBRI Tokyo, Etalase Kebhinekaan yang Tahan Gempa
info gambar utama

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo baru saja mengumumkan kepindahan kantornya dari Yotsuya Kokusai Building di Shinjuku ke Higashi Gotanda di Shinagawa pada 4 Desember 2023.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menyebut gedung baru KBRI Tokyo ini sebagai etalase kebhinekaan Indonesia karena menggunakan batu candi dan mengusung tema batik.

“Gedung ini menjadi etalase kebhinekaan Indonesia. Selain tema batik dan juga ada dari berbagai daerah di Indonesia yang ada dalam arsitektur bangunan gedung ini,” kata Dubes Heri seperti yang dilansir dari Antara, Rabu (6/12).

Dalam acara peresmian bangunan tersebut, Dubes Heri mengajak semua pihak bersama-sama merawat gedung baru KBRI Tokyo yang pembangunannya telah dilakukan sejak tiga tahun lalu. “Ini adalah titipan bangsa Indonesia yang harus kita jaga,” katanya.

Meriahnya Tokyo Lights 2023 dengan Karya Anak Bangsa dan Kostum Garuda

Bangunan tahan gempa

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya juga sempat meninjau pembangunan gedung baru KBRI Tokyo sebanyak dua kali. Pada peninjauan pertama, pihaknya menerima pemaparan para Arsitek yang terlibat dalam proyek ini.

Berdasarkan diskusi dengan para perancang dan kontraktor, Menteri PUPR mengungkapkan bahwa kontstruksi gedung itu menggunakan rigid system yang dipastikan bakal lebih kuat, aman dan tahan gempa. Jadi soal keamanan, bangunan ini telah mengikuti standar Jepang.

Jajaki Potensi Tenaga Kerja, 60 Pebisnis Jepang Hadiri Forum Bisnis KBRI Tokyo

Kontraktor dalam negeri, Adhi Karya juga turut berkontribusi dengan membawa material dari Nusantara seperti marmer, granit dan batu candi. Arsitektur bangunan dan aspek ramah lingkungan dari gedung ini akan menjadi contoh renovasi gedung KBRI lainnya.

Kemudian sesuai arahan Presiden Jokowi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana untuk membangun sejumlah gedung KBRI, mulai dari di Kuala Lumpur hingga Washington DC yang telah mereka survei.

Referensi:

Antara. Dubes Sebut Gedung Baru KBRI Tokyo Etalase Kebhinekaan. https://www.antaranews.com/berita/3817425/dubes-sebut-gedung-baru-kbri-tokyo-etalase-kebhinekaan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini