Negara Bangun Kembali Gereja Katedral Kupang, Anggarannya Rp24 Miliar

Negara Bangun Kembali Gereja Katedral Kupang, Anggarannya Rp24 Miliar
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo meresmikan bangunan baru Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang yang rusak diterjang badai seroja pada 2021 silam. Sejak tahun lalu, pemerintah membangun kembali tempat peribadatan itu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp24,08 miliar.

“Hari ini kita betul-betul bisa melihat berama-sama wajah baru Gereja Katolik Kristus Raja Katedral di Kupang ini yang megah, indah, dan tertata rapi,” ungkap Jokowi, Rabu (6/12/2023).

Dalam pidatonya, Jokowi menyatakan bahwa renovasi katedral dilakukan secara menyeluruh dengan membangun gedung baru yang lebih luas dari bangunan lama. Gereja itu kini dilengkapi sekretariat parokim, menara lonceng, ruang panel, dan genset.

Dia kemudian mengungkapkan kekagumannya terhadap arsitektur gereja yang baru.

“Tadi waktu saya masuk, saya betul-betul terkagum-kagum, interior di dalam bagus sekali, indah sekali,” imbuhnya.

Telan Biaya Rp1,9 triliun, Begini Perkembangan Proyek Bendungan Manikin Kupang

Gereja Katedral Kupang terletak di Jalan Ir. Soekarno Nomor 1, Kelurahan Bonipoi, kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejak pertama kali berdiri pada 15 Agustus 1967, bagunannya belum pernah direhabilitasi. Setelah diterpa badai seroja, pemerintah pun membangun gereja itu kembali pada Maret 2022 melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT. Gedung Katedral yang baru pun selesai dibangun pada Desember 2022.

Kepala BPPW NTT Normansjah Wartabone pernah mengatakan pada 3 April 2023 bahwa pembangunan kembali Gereja Katedral kupang mencakup perbaikan Goa Maria, bangunan makam, pagar, penataan halaman, mekanikal elektrikal, dan lanskap.

Sesaat sebelum meresmikan katedral, Jokowi sempat menyampaikan pesan agar gereja itu tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, tetapi dimanfaatkan juga untuk mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Menyediakan ruang untuk membangun dialog, mempererat persaudaraan, mepererat kerukunan, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” tandas Jokowi.

Boga Ikan Kuah Asam dan Daging Se'i Khas Kupang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini