PLN Gandeng Raksasa Energi Arab Saudi Garap Hidrogen Hijau di RI

PLN Gandeng Raksasa Energi Arab Saudi Garap Hidrogen Hijau di RI
info gambar utama

Perusahaan energi Arab Saudi, ACWA Power bersinergi dengan PT PLN (Persero) dan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk mengembangkan hidrogren hijau serta amonia hijau terintegrasi di Indonesia. Kerja sama tersebut tertera dalam Joint Development Agreement (JDA) tentang Green Hydrogen dan Green Ammonia yang diteken di sela COP 28 Uni Emirat Arab, Dubai, Minggu (3/12/2023).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyebut, kolaborasi itu terjalin sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Aliansi Strategis yang diteken dalam agenda G20 di Bali pada 14 November 2022 lalu.

“Kami melihat komitmen yang kuat dari pemerintah, PLN, Pupuk Indonesia, dan ACWA Power, karena itu kami siap mendukung upaya pengembangan bersama green hydrogen dan green ammonia ini untuk mencapai tujuan bersama,” ucap Darmawan di Dubai.

Baru Diresmikan, Proyek PLTS Terapung Cirata Lanjut hingga 500 MW

Melalui kerja sama ini, PLN bakal memasok listrik untuk Green Hydrogen Plant (GHP) yang bersumber dari pembangkit listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT). Lalu, cadangannya dipasok dari listrik bersih tambahan lewat sertifikat energi terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC).

PLN juga akan menyediakan kapasitas jaringan transmisi untuk proyek koneksi Pembangkit Listrik EBT ke sistem industri hidrogen hijau terintegrasi ini. Listrik hijau nanti disalurkan melalui sistem transmisi PLN ke lokasi pabrik Pupuk Indonesia sebagai bahan baku amonia hijau.

Kemudian, Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi mengatakan bahwa kolaborasi yang luar biasa ini menjadi kontribusi kedua BUMN dalam mempercepat pencapaian target transisi energi di Indonesia. Upaya itu, kata dia, bukan hanya untuk kepentingan masa depan lingkungan, tapi juga demi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu, CEO ACWA Power Marco Arcelli menambahkan, kolaborasi bersama PLN dan Pupuk Indonesia menjadi perjalanan yang transformatif. Ketiganya dapat melakukan pengembangan inovasi dan membaca peluang transisi energi sebagai pertumbuhan ekonomi.

“Kami memecahkan tantangan transisi energi ini bersama-sama, membuat berbagai inovasi baru, dan menciptakan kolaborasi yang baik untuk masa depan dunia,” tandas Marco.

Perusahaan Energi Arab Saudi, ACWA Power, Bakal Investasi EBT di IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini