Faktor dan Unsur Pembentuk Identitas Nasional

Faktor dan Unsur Pembentuk Identitas Nasional
info gambar utama

Kelahiran identitas nasional suatu bangsa memiliki sifat, karakteristik, dan keunikan sendiri, yang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendukung pembentukan identitas nasional tersebut.

Semua unsur identitas nasional ini lahir dari berbagai macam unsur pembentuk. Lantas, apa saja unsur identitas nasional dan apa unsur pembentuk identitas tersebut?

Faktor Pembentuk Identitas Nasional

Faktor Objektif (Faktor Primordial)

Faktor ini mencakup kondisi geografis dan ekologis. Misalnya, Indonesia sebagai kepulauan tropis yang berada di persimpangan jalur komunikasi Asia Tenggara. Hal ini turut mempengaruhi perkembangan demografi, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia

Faktor Kondisional (Faktor Subjektif)

Faktor subjektif ini meliputi faktor sosial, politik, kebudayaan dan juga sejarah yang dimiliki bangsa Indonesia. Faktor-faktor ini sangat mempengaruhi proses terbentuknya masyarakat Indonesia dan juga identitas bangsa Indonesia

Faktor Bhineka Tunggal Ika

Berbagai unsur seperti etnisitas, wilayah, bahasa, agama, dan lainnya, meskipun memiliki ciri khas masing-masing, menyatu dalam suatu persatuan sebagai bangsa Indonesia. Sebab itu, keberadaan Bhinneka Tunggal Ika mencerminkan kesatuan dalam keberagaman

Faktor Sejarah

Sejarah, dengan latar belakang masa lalu yang serupa, seperti penderitaan akibat penjajahan, tidak hanya memunculkan rasa empati, tetapi juga tujuan dan tekad yang sama. Solidaritas dan visi bersama melibatkan simbol-simbol sejarah, seperti tempat bersejarah, patung, dan pernyataan bersejarah, yang membentuk identitas nasional

Faktor Sakral

Sakral merupakan faktor yang timbul dari kesamaan agama atau ikatan ideologi yang diakui dalam suatu masyarakat, yang mampu membentuk identitas bersama sebagai sebuah bangsa dan negara. Ajaran agama memberikan pandangan tentang kehidupan yang benar.

Faktor Kepemimpinan

Tokoh kepemimpinan yang dihormati dan disegani oleh masyarakat juga merupakan faktor yang berkontribusi dalam pembentukan identitas nasional suatu bangsa. Pemimpin karismatik, terutama dalam situasi perjuangan, mampu memotivasi rakyat untuk mencapai kemerdekaan. Contohnya, Soekarno-Hatta.

Faktor Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi yang membawa kebutuhan yang semakin meningkat mendorong saling ketergantungan antarindividu dalam masyarakat. Semakin kuat saling ketergantungan ini, semakin besar persatuan dalam masyarakat yang dapat membentuk identitas bersama sebagai sebuah bangsa.

Faktor Kelembagaan

Kinerja dan perilaku lembaga-lembaga tersebut yang adil dan memperhatikan berbagai kepentingan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, atau status sosial dapat menyatukan masyarakat sebagai satu bangsa.

Unsur Pembentuk Identitas Nasional

Selain itu, juga ada unsur pembentuknya, meliputi:

Identitas nasional mampu membedakan antara Bangsa Indonesia dengan bangsa lain yang dibentuk melalui unsur-unsur berikut:

Kebudayaan

Kebudayaan yang beragam dari Sabang sampai Merauke juga menjadi salah satu faktor pembentuk identitas nasional. Dengan begitu, budaya yang beragam ini disatukan melalui Bhineka Tunggal Ika (berbeda namun tetap satu).

Suku Bangsa

Indonesia memiliki beragam suku bangsa dan kelompok etnis dengan lebih dari 300 dialek bahasa yang berbeda. Adanya suku bangsa ini menambah keunikan budaya nasional

Agama

Agama yang tumbuh dan berkembang di Indonesia menciptakan harmoni dan menunjukan keberagaman identitas nasional.

Bahasa

Sebagai lambang yang dibentuk melalui bunyi ucapan manusia, bahasa menjadi sarana utama komunikasi dan interaksi antar manusia.


Sejarah

Sejarah Indonesia mengalami penjajahan ratusan tahun. Oleh karena itu, rasa senasib perjuangan muncul sehingga rasa persatuan pun muncul sampai akhirnya Indonesia mendapatkan kemerdekaannya. Identitas bangsa pun terbentuk kala Sumpah Pemuda 1928 berlangsung, yakni mengaku sebagai putra putri Indonesia.

Sumber:
https://tirto.id/unsur-pembentuk-identitas-nasional-indonesia-dan-penjelasannya-gxNP
https://nasional.kompas.com/read/2022/04/30/00450011/faktor-faktor-pembentuk-identitas-nasional?page=all
https://kumparan.com/berita-hari-ini/unsur-unsur-pembentuk-identitas-nasional-bangsa-indonesia-ada-suku-hingga-agama-1uxM1nIQR82

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini