Malang, Kota Pendidikan Paling Eksis di Indonesia

Malang, Kota Pendidikan Paling Eksis di Indonesia
info gambar utama

Masih di Jawa Timur! Siapa yang tidak kenal Kota Malang? Kota ini terletak di sisi selatan Pulau Jawa, lho! Dengan luas mencapai 145,28 km² Malang sudah dihuni sebanyak lima kecamatan yang terdiri dari 57 kelurahan hingga saat ini.

Siapa yang tidak kenal Binus, UM ataupun UB? Yap, betul! Kota Malang menjadi kota para pelajar di Indonesia, lho! Keadaan ini tidak lepas dari pengaruh sejarah dan faktor-faktor tertentu yang sampai saat ini masih melekat dan menjadi ciri khas Kota Malang.

Sejarah

Kota Malang memiliki berbagai jejak sejarah bahkan sejak zaman Hindia-Belanda. Kota ini dahulunya telah mengalami berbagai peristiwa penting. Sempat menjadi pusat kerajaan Kanjuruhan pada 12 abad silam, dan pernah diduduki Jepang pada 8 Maret 1942.

Malang menjadi bagian dari Republik Indonesia pada 21 September 1945. Dan ditetapkan sebagai Kotapraja pada 1 April 1914 jauh sebelum kemerdekaan. Hingga saat ini, 1 April menjadi tanggal tetap hari ulang tahun Kota Malang.

Kota Malang juga dikenal sebagai kota seni karena banyaknya kesenian khas yang terdapat di dalamnya. Mulai dari tarian hingga pertunjukan, seperti Tari Topeng Malang.

Kisah Perang Padri: Berawal dari Perang Saudara Berakhir Melawan Belanda

Asal Nama Kota Pendidikan

Saat ini, Kota Malang memiliki lebih dari 50 perguruan tinggi/akademi negeri dan swasta, menjadikannya salah satu kota pendidikan terpenting di Indonesia bagian timur.

Hal ini tidak lepas dari sejarah Kota Malang yang sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda telah menjadi pusat pendidikan yang dipilih oleh lembaga-lembaga. Malang pun mulai dikenal sebagai kota pendidikan karena memiliki banyak institusi pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Pada tahun 2020, terdapat 3 perguruan tinggi negeri dan 46 perguruan tinggi swasta di kota ini, serta lebih dari 300 ribu mahasiswa dari Sabang sampai Merauke yang belajar di Kota Malang.

Selain itu, Kota Malang juga memiliki tradisi pendidikan yang kuat dan dihormati, serta pertumbuhan industri pendidikan yang subur dan menarik bagi para pelajar dari berbagai daerah di Indonesia.

Alasan Malang Menjadi Tempat Bagi "Para Pelajar"

Ada beberapa alasan mengapa Malang sering dipilih sebagai tempat untuk berkuliah, di antaranya:

  1. Banyak pilihan Universitas yang tersedia di Malang.
  2. Malang dikenal karena memiliki beberapa kampus unggulan Indonesia.
  3. Menawarkan suasana belajar yang berbeda dibandingkan dengan kota besar lain. Berupa fasilitas pendidikan yang lengkap dan suasana belajar yang kondusif.
  4. Biaya hidup di Malang juga tergolong murah, termasuk biaya kost dan biaya makan yang terjangkau.
  5. Akses transportasi yang mudah dan murah.
  6. Kawasan wisata yang menarik.
Edufarm Malakasari Terima Bantuan 500 Juta dari PLN

Gemerlap Intelektual Kota Pendidikan

Malang menjadi rumah bagi sejumlah institusi pendidikan terkemuka yang memberikan kontribusi besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Tidak luput salah keberadaan institusi pendidikan tinggi ternama menjadikan Malang sebagai pusat keunggulan akademik. Malang mungkin tidak hanya sekadar menawarkan beragam program studi berkualitas bagi Kawan, tetapi juga melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan pengembangan berbasis teknologi. Sehingga Kawan dapat merasakan atmosfer kampus yang dinamis dan inspiratif.

Sebagai Kota Pendidikan, Malang juga memiliki sekolah-sekolah unggulan mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Fokus pada pendidikan karakter dan pengembangan bakat juga menjadi standarisasi landasan utama bagi lembaga-lembaga pendidikan di kota ini.

Tentu saja daya tarik kota ini tidak hanya terletak pada dunia akademis. Pesona alam Malang turut memberikan pengalaman berharga bagi penduduk dan pengunjung. Dikelilingi oleh pegunungan, Malang menawarkan udara segar dan pemandangan yang memukau, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.

Kota Pendidikan Kota Malang bukan hanya destinasi wisata yang menawan, tetapi juga tanah subur untuk pengetahuan dan perkembangan pribadi.

Dengan menggabungkan pesona alam dan kecanggihan pendidikan, Malang menjelma menjadi magnet bagi para pencari ilmu dan petualang yang ingin merasakan gemerlap kearifan di tengah pesona alam yang menakjubkan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini