Besok, TikTok Shop dan Tokopedia Uji Coba Saat Harbolnas 12.12

Besok, TikTok Shop dan Tokopedia Uji Coba Saat Harbolnas 12.12
info gambar utama

TikTok Shop dan Tokopedia akan meluncurkan kampanye Beli Lokal pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Program tersebut diadakan sebagai permulaan uji coba setelah TikTok dan GoTo secara resmi mengumumkan kemitraan strategis pada hari ini, Senin (11/12/2023).

Kampanye Beli Lokal akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok untuk mempromosikan berbagai jenis merchant, terutama produk asal Indonesia. Para pengguna TikTok bisa berbelanja produk lokal melalui layanan yang dikelola Tokopedia.

“Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia,” tulis GoTo dalam pernyataan resmi.

TikTok Shop Resmi Gabung ke Tokopedia, Investasi Rp23 Triliun

Dalam kerja sama ini, TikTok bakal mengucurkan investasi jangka panjang lebih dari 1,5 miliar dolar AS atau setara Rp23,4 triliun untuk mendukung operasional Tokopedia. Pendanaan diberikan tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. Transaksi tersebut diharapkan selesai pada kuartal pertama 2024.

Sesuai kesepakatan, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. Lalu, TikTok akan mengendalikan PT Tokopedia, sedangkan fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok Shop di Indonesia bakal dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

TikTok dan GoTo telah membentuk komite untuk memfasilitasi transisi serta integrasi yang diketuai oleh CEO GoTo Patrick Walujo dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. GoTo mengeklaim, lebih dari 90 persen merchant tercatat sebagai pelaku UMKM setelah penggabungan bisnis. Mereka akan diberikan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo.

“Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo, berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang,” terang GoTo.

Bantu UMKM, Tiktok Umumkan Investasi 12,2 Juta dolar di Asia Tenggara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini