Love Language: Mengekspresikan Rasa Melalui Words of Affirmation

Love Language: Mengekspresikan Rasa Melalui Words of Affirmation
info gambar utama

Jatuh cinta. Dua kata yang menggambarkan kebahagiaan, khususnya di kalangan anak remaja. Seperti yang kita ketahui, pada usia remaja saat ini adalah masa usia dimana merasakan jatuh cinta menjadi suatu hal dinantikan.

Atmosfer kebahagiaan yang tidak dapat ditandingi oleh perasaan apapun. Kita semua tentu pernah merasakan jatuh cinta, bukan? Bahkan sejak kita masih di dalam kandungan, tentunya kita sudah merasakan rasa cinta yang didapati oleh kedua orang tua. Kita dapat mengekspresikan apa yang kita rasakan melalui love language. Apa sih,love language itu?

Di masa sekarang, kita pastinya tidak asing mendengar kata “Love Language”. Dilansir oleh Dr. Gary Chapman dalam buku yang ditulisnya berjudul “The Five Love Languages” mengartikan bahwasanya bahasa cinta adalah perilaku di mana seseorang merasakan perasaan dicintai.

Dari buku yang ditulisnya, terdapat lima bahasa cinta yang dapat kita gunakan sebagai cara mengekspresikan perasaan kepada orang yang kita kasihi atau pun sebaliknya. Bahasa cinta tersebut ada quality time, receiving gift, acts of service, physical touch, dan yang terakhir yang akan kita ulik lebih jauh adalah words of affirmation.

Kawan pasti suka dengan kalimat “kamu cantik sekali” atau kalimat “you are so cool, I am so proud of you”, bukan? Atau sekedar kalimat “terima kasih” atau “aku minta maaf”. Kalimat-kalimat tersebut merupakan contoh dari words of affirmation.

Chapman berpendapat bahwa untuk beberapa orang mereka menggunakan love language ini sebagai kalimat penegasan yang ditujukan untuk pasangan bicaranya. Artinya, seseorang yang memberikan kalimat-kalimat tersebut menggunakannya sebagai penegasan atas apa yang mereka rasakan.

Kata-kata yang kita berikan kepada pasangan bicara kita dengan perasaan tulus dan kasih sayang tersebut bisa lho, membuat orang tersebut merasa benar-benar dicintai sepenuh hati oleh kita. Wah, begitu berpengaruh ya, bahasa cinta yang satu ini?

Kira-kira apa saja kalimat yang dapat kita gunakan untuk pasangan bicara kita? Yuk, kita bahas satu per satu kata-kata words of affirmation yang sering kita dengar dan beberapa kata pujian yang berpengaruh dari beberapa teman penulis.

“Terima kasih”

Kawan pasti sudah tidak asing lagi dengan ungkapan “tiga kata ajaib”, kan? Teman-teman yang sekarang berusia 18-19 tahun juga pasti tidak asing dengan Naura Ayu yang pernah membawakan lagu berjudul “Kata Ajaib” tujuh tahun silam. Salah satu di antaranya adalah kata terima kasih.

Kata "terima kasih" sangat penting di kehidupan kita. Terutama saat kita telah mendapatkan feedback atau bantuan dari orang lain, tentunya kita harus mengucapkan kata terima kasih. Meski terdengar sederhana, tetapi kata ini dapat berpengaruh bagi beberapa orang karena merasa dirinya dihargai.

“Aku minta maaf”

Selain kata terima kasih, terdapat pula kata yang tidak kalah penting. Meski sederhana, kalimat ini sangat sulit untuk diucapkan bagi beberapa orang.

Menurut kutipan Parancika & Setyawan (2020), kata "maaf" dapat bertujuan sebagai suatu kata penghargaan yang diberikan kepada suatu mitra. Kata tersebut juga digunakan untuk memberikan rasa kenyamanan dan menghargai.

"Aku beruntung kenal dengan kamu"

Kalimat ini jika diucapkan kepada seseorang yang memiliki bahasa cinta words of affirmation dapat merasakan keberuntungan. Kalimat tersebut juga dapat membuat seseorang merasa berguna di dalam kehidupannya (Jua, mahasiswi 18 tahun).

"Thank you for always giving your best in everything you do"

Kalimat ini dapat membuat seseorang merasa dihargai atas segala kerja kerasnya dan dipercaya bahwa diri seseorang mampu dalam mengerjakannya (Kayla dan Vero, mahasiswi 18 tahun).

Selain itu, kalimat ini jika diucapkan oleh seseorang kepada kekasihnya dapat membuat seseorang diapresiasikan dan membuat bahagia sebab kita tidak pernah tau masalah apa yang telah dilewati seseorang hingga berhasil sampai di titik yang diinginkannya (Jua, mahasiswi 18 tahun).

"Kamu cantik sekali"

Pasti kalian tidak asing juga dengan kalimat pujian satu ini, kan? Kalimat ini kerap menjadi salah satu pujian yang paling disenangi oleh para perempuan. Beberapa perempuan merasa percaya diri ketika ada seseorang yang mengatakan kalimat pujian ini kepada dirinya. Apakah kamu salah satunya?

Meski begitu, tidak semua orang memiliki bahasa cinta words of affirmation ini. Beberapa orang memilih untuk mengekspresikan rasa mereka melalui cara mereka tersendiri melalui bahasa cinta yang mereka miliki dan mereka sukai. Menurut Kawan GNFI, apakah kalian termasuk dalam seseorang yang memiliki bahasa cinta words of affirmation?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini