Smelter Tembaga Freeport di Gresik: Investasi Rp45 Triliun, Terbesar se-Dunia

Smelter Tembaga Freeport di Gresik: Investasi Rp45 Triliun, Terbesar se-Dunia
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ekspansi fasilitas smelter dan refinery konsentrat tembaga PT Smelting (PTS) Indonesia di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). Kapasitas pengolahan kini bertambah menjadi 1,3 juta ton per tahun dari sebelumnya 1 juta ton.

Ekspansi yang diresmikan Jokowi sebetulnya bukan kali pertama. Sebelum 2023, pabrik ini telah berekspansi sebanyak tiga kali pada 2004, 2006, dan 2009. Peningkatan kapasitas produksi yang terakhir mencapai 300.000 ton anoda per tahun.

Pemilik PTS di Gresik antara lain PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Mitsubishi Materials Corporation (MMC). Dalam kemitraan ini, MMC memegang ekuitas sebesar 60,5 persen dan PTFI 39,5 persen.

Jokowi Resmikan Ekspansi Smelter Tembaga Freeport di Gresik

Smelter tembaga pertama di Indonesia

Sumber: BPMI/Muchlis Jr

Pemerintah dan direksi PTFI sepakat menyebut PTS sebagai smelter dan refinery tembaga pertama di Indonesia. Pembangunan pabrik ini sudah direncanakan sejak 1994 ketika PTFI mengundang MMC untuk bekerja sama. Proses konstruksi berlangsung dari 1996 hingga 1998, lalu pabrik mulai berproduksi secara komersial sejak 28 Mei 1999.

Pada 2021 ketika baru berdiri, PTS berhasil memproduksi 214.000 ton katoda, 7 persen melampaui kapasitas yang hanya 200.000 per tahun. Pencapaian tersebut dinilai sangat membanggakan sebab tenaga kerja lokal yang direkrut saat itu hampir tidak punya pengalaman di industri peleburan atau pemurnian tembaga.

Bahan baku didatangkan dari Papua

Smelter dan refinery tembaga milik PT Smelting terletak 30 kilometer dari utara kota Surabaya. Lokasinya berdekatan dengan Petrokemia Gresik, perusahaan pupuk milik pemerintah yang memanfaatkan asam sulfat dari PTS. Smelter itu dibangun di atas lapangan hijau yang tak ada apa pun selain tanah dan rumput.

Mitsubishi dalam sebuah dokumen menyatakan bahwa bahan baku smelter PTS didatangkan langsung dari tambang Freeport Grasberg di Mimika, Papua Tengah, menggunakan kapal. Jaraknya sekitar 2.600 kilometer ke arah timur.

RI Bangun Smelter Titanium Pertama di Babel, Investasi Rp1,3 Triliun

Investasi Rp45 Triliun

Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia pernah mengungkapkan bahwa total investasi PTFI untuk proyek smelter PTS berjumlah 3 miliar dolar AS atau Rp45 triliun. Pada Mei 2023, dana tersebut sudah terealisasi sebesar 2,2 miliar dolar AS atau setara Rp33 triliun.

“…Sudah terbukti, hilirisasi sumber daya mampu meningkatkan pendapatan negara. Nikel contohnya, naik dari 3,3 miliar dolar AS menjadi 30 miliar dolar AS setelah kita setop ekspor nikel dan lakukan hilirisasi,” terang Bahlil saat mendampingi Jokowi kunjungan kerja di smelter PTS, Selasa (20/6/2023).

Menurut keterangan MMC, total biaya konstruksi di luar pabrik utilitas mencapai 500 juta dolar AS. Sekitar 100 juta dolar AS dihabiskan untuk membangun pabrik utilitas di lokasi yang sama. Kemudian, biaya tambahan untuk ekspansi sebesar 26 juta dolar AS.

Smelter Nikel Kedua di Kaltim Diresmikan, Investasi Rp30 Triliun

Smelter satu jalur terbesar di dunia

Saat peresmian PTS di Gresik, Menteri BUMN RI Erick Thohir mengeklaim bahwa PTS menjadi smelter satu jalur terbesar di dunia. Setelah rampung total, kapasitas pengolahan tembaga akan meningkat lagi menjadi 1,7 juta ton per tahun dan precious metal refinery atau pengilangan logam mulia juga bertambah menjadi 6 ribu ton per tahun.

“Ini merupakan desain single smelter terbesar di dunia yang hingga pada November ini kemajuannya sudah mencapai 83 persen," kata Erick dalam laporannya di smelter PTS, Gresik, Kamis (14/12/2023).

Selain produk katoda tembaga, smelter PTS juga akan menghasilkan produk sampingan, misalnya produk yang terkandung dalam lumpur anoda, yaitu emas dan perak murni, sebanyak 6 ribu ton per tahun. Kemudian, asam sulfat 1,5 juta ton per tahun, terak tembaga 1,3 juta ton per tahun, dan gipsum 150 ribu ton per tahun.

Setahun Lagi, Indonesia Bakal Punya Pabrik Foil Tembaga terbesar di Asia Tenggara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini