Curug Cigamea: Wisata Air Terjun dengan Hutan Pohon Pinus yang Memesona

Curug Cigamea: Wisata Air Terjun dengan Hutan Pohon Pinus yang Memesona
info gambar utama

Curug Cigamea memiliki pesona yang eksotis untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Memiliki ketinggian hingga 50 meter, membuat siapa saja penasaran dan ingin menikmat keindahan curug di Kabupaten Bogor ini.

Udaranya yang segar dengan hutan pohon pinus yang indah, membuat perjalanan Kawan untuk sampai ke Curug Cigamea terbayarkan. Nah, penasaran bagaimana pesona alam dari curug ini? Simak penjelasan lengkap berikut.

Mengenal Kisah Curug Cigamea

Curug Cigamea
info gambar

Saat Kawan menapaki gerbang Curug Cigamea, jangan kaget jika ada monyet-monyet yang berada di sekitaran jalan dan pepohonan. Monyet ini tidak berbahaya, jika Kawan memiliki makanan tak ada salahnya untuk berbagi dengan mereka.

Mengenal asal-usul Curug Cigamea memang tak lepas dari kisah mistisnya. Konon, curug ini kerap dijadikan sebagai tempat ritual ilmu hitam bagi orang-orang yang ingin harta, jabatan dan kedudukan yang tinggi. Nah, keberadaan kera di sini katanya berkaitan dengan kisah ini.

Awal kisahnya, terdapat sebuah kerajaan monyet yang dulunya menghuni daerah ini dan yang melakukan ritual hitam ini diduga menggunakan kera sebagai perantaranya. Yang mana monyet ini bertugas membawakan sesajen dari pengunjung yang melakukan ritual tersebut. Entah benar atau tidak, tetapi beberapa masyarakat sekitar percaya akan hal tersebut.

Mengintip Keindahan Curug Cigamea

Curug Cigamea
info gambar

Sepanjang jalan menuju Curug Cigamea, Kawan akan ditemani suara air terjun yang cukup terdengar jelas saat memasuki setengah perjalanan setapak. Sekawanan monyet di lokasi ini juga turut menemani perjalanan hingga sampai ke lokasi.

Curug Cigamea memiliki dua aliran air terjun yang letaknya berdekatan dengan debit air yang cukup deras dan jernih. Curug pertama letaknya di antara bebatuan dengan ukuran cukup besar, dan dibawahnya terdapat sebuah kolam berukuran kecil. Sementara curug kedua berada di lokasi yang lebih rendah dan memiliki kolam lebih besar dari yang pertama.

Keindahan Curug Cigamea ini lebih memukau saat ada pantulan pelangi yang indah di tengah derasnya aliran curug. Air dari curug ini cukup deras dan air di kolam cukup dalam, dihimbau untuk Kawan yang hendak berkunjung dan berenang selalu waspada dan berhati-hati.

Bukan hanya itu, keindahan alam Curug Cigamea akan Kawan rasakan mulai dari awal perjalanan. Dimana terdapat pepohonan yang rindang serta hutan pinus yang sangat indah. Hal ini dikarenakan Curug Cigamea berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Kegiatan di Curug Cigamea

Kegiatan di Curug Cigamea
info gambar

Selain bermain air di Curug Cigamea, banyak hal yang bisa Kawan lakukan saat memilih tempat ini untuk masa liburan. Seperti foto di spot-spot terbaik, berenang, makan, atau bahkan Kawan juga bisa menginap di sini dengan fasilitas penginapan yang cukup memadai.

Beberapa fasilitas yang bisa didapatkan di antaranya, kamar mandi, gazebo untuk beristirahat sejenak, area parkir yang luas, bahkan di sini juga ada warung. Jadi jangan takut kelaparan, jika sudah lelah dan tidak membawa makanan karena disini sudah lengkap.

Lokasi Curug Cigamea

Lokasi Curug Cigamea
info gambar

Wisata Curug Cigamea berlokasi di Jalan Curug Cigamea, Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Letaknya hanya berkisar 31 km dari pusat Kota Bogor, atau membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1-2 jam saja.

Untuk lokasi wisata jni paling dekat dengan pintu masuk utama dari Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Untuk sampai di Curug Cigamea, Kawan akan melakukan tracking dari pintu masuk utama dengan jarak bekisar 400 meter atau bisa ditempuh dalam waktu perjalanan antara 15 - 20 menit.

Perjalannya cukup mendaki, namun jalannya cukup rapi dan tidak licin sehingga bisa memudahkan Kawan untuk sampai di curug ini.

HTM Curug Cigamea

Tiket masuk Curug Cigamea cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 untuk satu orang, untuk parkir dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk biaya parkir mobil.

Waktu berkunjung bisa setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Bagaimana Kawan? Tertarik untuk mengunjungi Curug Cigamea pada liburan akhir tahun ini? Semoga menginspirasi ya.

Sumber artikel:

bogorkab.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini