Baww, YouTuber Indonesia yang Membuat Replika Minecraft Candi Borobudur

Baww, YouTuber Indonesia yang Membuat Replika Minecraft Candi Borobudur
info gambar utama

Apa jadinya jika salah satu aset budaya Indonesia, yaitu Candi Borobudur, memiliki miniatur di dalam sebuah game Minecraft?

Seorang YouTuber creatorgame Minecraft asal Indonesia bernama Bagas Wirawansa berhasil menyelesaikan challenge membangun candi Borobudur dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-77.

Dalam channel YouTube-nya yang bernama Baww, dirinya berhasil menyelesaikan challenge tersebut selama lebih dari 100 jam atau lebih dari 4 hari.

Channel Youtube Baww | Foto: Youtube Baww
info gambar

Game Minecraft adalah sebuah game dengan genre sandbox yang dikembangkan oleh developer game asal Swedia, Mojang Studios.

Manfaat Ceker Ayam, Makanan yang Disukai Orang Indonesia dan Andros Townsend

Sedangkan untuk game genre sandbox sendiri adalah sebuah genre dalam permainan yang memungkinkan pemainnya bisa menjelajahi dunia di dalamnya.

Contoh lain game dengan genre sandbox antara lain adalah GTA (Grand Thef Auto), The Sims, Roblox, dan masih banyak lagi.

Di dalam game Minecraft seseorang bisa membangun bangunan apa saja yang dia mau. Dan itulah yang dilakukan Baww dengan membuat Candi Borobudur.

Di video YouTube-nya, Bagas menjelaskan dalam proses pembuatan candi Borobudur dibutuhkan 3 tahap. Tahap satu adalah membuat outline, tahap dua mengumpulkan batu atau memasang blok, dan tahap terakhir membuat detailnya.

Dalam proses membuat outline kreasinya, Baww membutuhkan waktu sekitar 10 jam pengerjaan. Lalu dilanjut dengan memasang blok pada candinya.

Kali ini, proses memasang blok candi memerlukan waktu yang sangat lama. Untuk pemasangan blok kaki candinya saja, Bagas membutuhkan waktu lebih dari 27 jam. Sedangkan untuk bagian tengah candinya menghabiskan waktu sekitar 12 jam pengerjaan.

Pada langkah yang terakhir adalah pembuatan detail-detail candi seperti tangga, tembok, 73 stupa (72 stupa kecil dan 1 stupa besar), arca, dan beberapa ornamen lainnya yang ada di Candi Borobudur aslinya. Dan untuk proses membuat detailnya sendiri, Baww membutuhkan waktu sekitar lebih dari 55 jam.

Minecraft Candi Borobudur | Foto: Youtube Baww
info gambar

Video YouTube-nya yang memperlihatkan dirinya membangun Candi Borobudur di Minecraft pun sempat viral di media sosial beberapa bulan yang lalu. Sebenarnya viralnya terbilang cukup terlambat. Namun, sebetulnya Baww sendiri memulai project tersebut pada tahun 2022.

Mitos Sumur Kawak, Menganga di Tengah Jalan Tanpa Buat Warga Tercebur

Berkat dari usahanya itu, Baww mendapat apresiasi dari pihak Borobudur dengan memberikan gratis akses ke Candi Borobudur seumur hidupnya.

Setelah sukses dengan membuat replika Candi Borobudur di tahun 2022 lalu, ditahun ini (2024) Braww juga membuat lagi replika salah satu candi yang ada di Indonesia, yaitu Candi Prambanan.

Walaupun tidak serumit dan selama dalam membuat replika Candi Borobudur sebelumnya, membuat replika Candi Prambanan yang berjumlah 240 candi juga membutuhkan usaha yang melelahkan.

Di dalam video YouTube-nya, Baww tidak menjelaskan secara spesifik berapa total waktu yang dibutuhkan untuk membuat Candi Prambanan sepenuhnya.

Minecraft Candi Prambanan | Foto: Youtube Baww
info gambar

Dalam pembuatannya, hanya dijelaskan membutuhkan waktu sekitar 11 jam untuk membuat 224 candi-candi kecil yang berada di luar candi yang besar atau candi utamanya.

Yang lebih menariknya lagi, Baww membuat sebuah jalan penghubungan antara Candi Borobudur yang dia bangun tahun lalu dan Candi Prambanan yang dia buat di tahun 2024 ini.

Video YouTube-nya yang memperlihatkan Baww membuat replika Candi Borobudur berhasil ditonton sebanyak hampir 4 juta views. Sedangkan untuk videonya mengkreasikan replika Candi Prambanan telah ditonton sebanyak hampir 2 juta views.

Setelah berhasil membuat replika 2 buah candi, Baww telah menjadi satu-satunya orang yang sudah membuat replika Candi Borobudur dan Candi Prambanan di dalam game Minecraft. Keren sekali ya, Kawan GNFI?

Pendapatan Negara 2023 Capai Rp2.754,2 Triliun, 110% dari Target

Referensi:

https://www.youtube.com/@bawww

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini