Asal Mula Wisata Grojogan Watu Purbo, Air Terjun 6 Tingkat di Kabupaten Sleman

Asal Mula Wisata Grojogan Watu Purbo, Air Terjun 6 Tingkat di Kabupaten Sleman
info gambar utama

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga dikenal dengan wisata-wisata alamnya yang eksotis dan menarik banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dilansir dari radarjogja.jawapos.com, Yogyakarta menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan pada liburan akhir tahun 2023.

Di Kabupaten Sleman misalnya, terdapat destinasi wisata alam air terjun 6 tingkat yang dikenal dengan nama Grojogan Watu Purbo. Awal mulanya, Grojogan Watu Purbo ini merupakan sebuah bendungan (dam) yang dibangun pada tahun 1975.

Mengapa Peran Orang Tua Penting dalam Perilaku Seksual pada Remaja? Yuk, Kenali Hubungannya!

Berlokasi di aliran air Sungai Krasak, yang merupakan jalur lahar dingin yang mengalir dari Gunung Merapi. Bendungan tersebut berfungsi untuk menahan aliran lahar yang membawa material vulkanik saat terjadinya erupsi.

Pada tahun 2017, masyarakat sekitar dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) Bangunrejo menyadari adanya potensi wisata alam pada bendungan 6 tingkat ini. Pokdarwis kemudian menggagaskan nama Grojogan Watu Purbo untuk wisata tersebut. Makna dari Grojogan Watu Purbo sendiri yakni air terjun dengan batu-batu besar di sisi kanan dan kirinya yang ada sejak purba atau lampau.

Keindahan objek wisata ini berasal dari aliran sungai yang menuruni 6 tingkat bendungan dengan ketinggian bervariasi, sehingga nampak seperti air terjun yang cantik dan mempesona. Selain itu, disuguhkan pula pemandangan yang eksotis, banyak ditumbuhi pepohonan dan hamparan sawah yang luas yang berada di sisi kanan dan kiri air terjun.

Antusiasme para wisatawan untuk mengunjungi Grojogan Watu Purbo tidak lepas dari peran masyarakat sekitar yang gencar mempromosikan tempat wisata yang dikelolanya itu. Pada tanggal 21 November 2020, Bupati Sleman, Sri Purnomo, akhirnya meresmikan objek wisata tersebut, karena melihat potensi wisata yang dapat dijadikan sebagai pengungkit daya tarik Kabupaten Sleman.

Menggali Kecantikan ala Korea Selatan: Seperti Apa Standar Kecantikan di Korea Selatan?

Para wisatawan yang datang rata-rata melakukan swafoto dengan latar belakang air terjun bertingkat. Beberapa ada yang bermain air, menata batu, atau sekedar melepas penat dengan melihat-lihat pemandangan alam yang asri serta menghirup udara yang sejuk.

Saat ini wisata Grojogan Watu Purbo dipercantik dengan adanya tanaman-tanaman hias yang berada di sekitar air terjun. Di sana juga terdapat fasilitas lain yang disediakan bagi para wisatawan, seperti tempat beribadah (Masjid Al Barokah) yang berada pada komplek wisata, toilet, sentra UMKM yang dilengkapi dengan fasilitas pembayaran non tunai, dan parkir untuk kendaraan.

Perjalanan menuju wisata Grojogan Watu Purbo dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam atau 22 kilometer dari Kota Yogyakarta. Kondisi jalan untuk menuju ke sana pun juga sudah beraspal dan memadai untuk dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Hanya saja di sana masih belum tersedia transportasi umum menuju rute ke sana.

Pengelola wisata Grojogan Watu Purbo juga selalu memperhatikan kondisi wisata yang berhulu di Gunung Merapi tersebut, jika sewaktu-waktu terjadi kondisi siaga atau adanya potensi bahaya yang mengancam kawasan wisata.

Potensi bahaya yang dimaksud antara lain adanya erupsi Gunung Merapi, terjadinya hujan di lereng Gunung Merapi lalu ada air banjir dari atas, dan kondisi cuaca buruk. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang sedang berkunjung.

Bagi Kawan GNFI yang ingin menghabiskan liburannya di Yogyakarta bisa mampir ke Grojogan Watu Purbo. Kawan juga tidak perlu merogoh gocek lebih dalam, tiket masuk hanya berkisar Rp5 ribu per orang. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

Bagaimana Hasil Survei Optimisme Generasi Muda Indonesia 2023?

Referensi:

radarjogja.jawapos.com. Wow Luar Biasa…!!! Yogyakarta Menjadi Peringkat Pertama Destinasi Wisata Pilihan Selama Liburan Natal dan Tahun Baru. https://radarjogja.jawapos.com/news/653659845/wow-luar-biasa-yogyakarta-menjadi-peringkat-pertama-destinasi-wisata-pilihan-selama-liburan-natal-dan-tahun-baru

Pusat Data dan Analisa Tempo. 2021. Panduan Wisata Keajaiban Air Terjun. Jakarta Barat: Tempo Publishing.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini