Kisah Bunga Dandelion, Berasal dari Eropa Memberi Beragam Manfaat ke Manusia

Kisah Bunga Dandelion, Berasal dari Eropa Memberi Beragam Manfaat ke Manusia
info gambar utama

Bunga dandelion atau randa tapak merupakan tumbuhan liar yang banyak hidup di daratan Eropa dan Asia. Bunga ini tergolong tumbuhan Genus Tarexacum dari keluarga Asteraceae. Dandelion atau dens lionis mengacu pada bentuk bunganya yang seperti gigi singa.

Dandelion adalah tanaman yang tingginya bisa mencapai 40 cm. Daunnya berwarna hijau dengan panjang antara 5-25 cm. Tepi daun bergerigi tajam. Bunga dandelion bertangkai kecil, berwarna kuning atau oranye.

Daun Mekai, Micin Ala Suku Dayak untuk Penyedap Rasa Makanan

Bunga dandelion sebetulnya kumpulan dari bunga kecil-kecil yang disebut ray floret. Setelah terjadi penyerbukan, ray floret itu berubah menjadi biji yang dilengkapi dengan sayap selembut kapas.

Kumpulan biji dandelion yang terangkai menjadi satu, terlihat seperti setangkai bunga kapas yang cantik. Angin yang bertiup akan menerbangkan biji dandelion satu per satu. Biji yang jatuh ke tempat yang tepat akan tumbuh menjadi tanaman dandelion baru.

Berasal dari Eropa

Tanaman dandelion diperkirakan berasal dari Eropa dan Asia Barat. Fosil benih dandelion ditemukan di Rusia bagian selatan. Dari Eropa dan Asia Barat, tanaman ini menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Bila di negara 4 musim, kuncup bunga mulai muncul di musim semi berkembang di musim panas, dan mulai layu di musim gugur. Di Indonesia, tanaman dandelion ini bisa berbunga sepanjang tahunnya.

Di Indonesia dandelion dikenal dengan nama randa tapak. Ada juga yang menyebutnya bunga sebul. Sebul adalah bahasa Jawa artinya meniup. Disebut demikian karena rangkaian biji dandelion sering dimainkan anak-anak dengan cara ditiup.

Lebih dari 90 Spesies Baru Tumbuhan dan Satwa Liar Ditemukan Sejak 2021

Berbeda dengan bunga lainnya seperti mawar, bunga dandelion tumbuh liar tanpa perawatan. Dia dapat tumbuh bebas di mana saja asalkan tempat tersebut memiliki tanah yang subur.

Selain itu, bunga yang dianggap sebagai pengganggu para petani ini sebenarnya bisa menciptakan pemandangan yang indah bila tumbuh banyak dan mekar. Hanya saja membutuhkan lahan yang kosong dan luas agar keindahannya tidak rusak.

Beragam manfaat

Dandelion ternyata bisa dimakan. Selain enak rasanya, juga kaya dengan vitamin A, C, dan K, zat besi, kalsium, dan juga potasium. Umumnya daun dandelion digunakan sebagai sayuran dalam salad atau sandwich.

Di Indonesia, daun muda dandelion muda dimakan sebagai lalap, sedangkan yang lebih tua biasanya ditumis. Tanaman dandelion dipercaya juga memiliki khasiat sebagai obat. Antara lain mengobati infeksi, mengurangi kolesterol, melancarkan perencanaan.

Tanaman Hotong, Panganan Lokal Simbol Jati Diri Masyarakat Pulau Buru

Komponen yang dijadikan bahan mulai dari daun, batang, bunga, dan akarnya. Meskipun tergolong tumbuhan liar, tetapi seluruh komponen yang ada pada dandelion ternyata memiliki banyak manfaat.

Menanam dandelion juga dapat membuat tanah semakin subur, karena tanaman ini dapat menambah nitrogen dan mineral lain pada tanah. Ternyata bunga ini tidak hanya indah tapi juga memiliki banyak manfaat,

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini