Jepang Menjadi Tujuan Wisata Favorit Traveler ASEAN, termasuk Indonesia

Jepang Menjadi Tujuan Wisata Favorit Traveler ASEAN, termasuk Indonesia
info gambar utama

Jepang kembali menempati posisi teratas sebagai tujuan wisata paling diidamkan oleh para traveler Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sebanyak 27,3% responden dalam sebuah survei yang diadakan oleh ASEAN
Studies Centre at the ISEAS-Yusof Ishak Institute menyatakan bahwa Negeri Sakura tersebut adalah destinasi liburan impian mereka. Pesona Jepang tak terbantahkan, terbukti dengan dominasinya di enam negara di ASEAN:

  1. Thailand: 52,1%
  2. Indonesia: 37,2%
  3. Singapura: 34,1%
  4. Brunei: 28,3%
  5. Filipina: 28,3%
  6. Myanmar: 20,9%

Ketertarikan terhadap Jepang melampaui batas budaya, sejarah, dan modern. Dari pecinta kuliner hingga traveler penyuka alam, semua terpuaskan oleh beragamnya pariwisata Jepang. Tak heran, popularitas Jepang merata di seantero Asia Tenggara.

Baca juga: RI dan Jepang Bakal Bangun MRT Balaraja-Cikarang Sejauh 84 KM

Namun, bukan hanya Jepang yang menarik perhatian. Uni Eropa dengan pesona budayanya juga menggaet 15,3% responden, terutama di Vietnam (30,1%). Sedangkan di dalam kawasan Asia Tenggara sendiri, ada kecenderungan untuk saling mengunjungi. Malaysia (24,2%) dan Kamboja (28,4%) adalah contoh negara yang lebih memilih mengunjungi tetangga-tetangganya di ASEAN.

Data ini menunjukkan betapa kuat keinginan warga Asia Tenggara untuk bepergian, baik ke mancanegara maupun dalam kawasan sendiri.

Sumber: THE STATE OF SOUTHEAST ASIA 2023 by ASEAN Studies Centre at the ISEAS-Yusof Ishak Institute .

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini