Deretan Pesepak Bola Top Kompetisi Eropa Menanti Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Deretan Pesepak Bola Top Kompetisi Eropa Menanti Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
info gambar utama

Timnas Indonesia bakal benar-benar diuji di Piala Asia 2023. Sebab, yang dipastikan menjadi lawan adalah deretan pesepak bola top dari kompetisi Eropa.

Piala Asia 2023 sudah di depan mata. Ajang sepakbola antarnegara Benua Kuning itu akan digelat di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2023 mendatang.

Sebagai salah satu tim kontestan, Timnas Indonesia bakal menghadapi tantangan besar. Maklum saja, seluruh pesaingnya adalah tim-tim terbaik seantero Asia. Bahkan, tak sedikit pula pemain top dari kompetisi Asia yang turun.

Indonesia dipastikan akan berhadapan dengan pemain top tersebut, khususnya yang memperkuat Jepang. Ini diketahui dari daftar pemain yang telah dirilis pihak Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) pada Senin (1/1/2024) lalu.

Indonesia dan Jepang sama-sama berada di Grup D penyisihan Piala Asia 2024. Selain keduanya, ada pula Vietnam dan Irak.

Dalam daftar pemain yang akan memperkuat Jepang di Piala Asia 2023, ada sejumlah nama yang bermain di negara dengan kompetisi paling top di Eropa, yakni Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, dan Spanyol.

Terdapat empat pemain Jepang yang merumput di Liga Inggris, kompetisi yang kerap dianggap terbaik di dunia. Mereka adalah Yuta Nakayama (Huddersfield Town), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Wataru Endo (Liverpool), dan Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion).

Kemudian dari Liga Prancis dan Jerman tercatat ada tiga pemain, yakni Takumi Minamino (AS Monaco), Keito Nakamura (Reims), dan Junya Ito (Reims). Juga Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Hiroki Ito (VfB Stuttgart), dan Takuma Asano (Vfl Bochum).

Sementara itu, untuk pemain dari Liga Belanda dan Spanyol, mereka adalah Yukinari Sugawara (AZ Alkmaar), Ayase Ueda (Feyenoord), dan Takefusa Kubo (Real Sociedad). Perlu diketahui, selain pemain dari 5 liga top Eropa, masih ada sederet pemain dari liga lain di benua tersebut, mulai dari Portugal, Belgia, hingga Skotlandia.

Dengan demikian, kehadiran para pemain itulah yang menjadi ujian besar bagi Indonesia. Laga Indonesia versus Jepang dijadwalkan digelar pada Rabu, (24/1/2024).

Sementara itu, Indonesia kini tengah bersiap menyambut Piala Asia 2023. Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong melakoni pemusatan latihan di Turki sejak 20 Desember 2023 dan dijadwalkan berlangsung sampai 6 Januari 2023.

Sebelum menghadapi Jepang, Indonesia akan terlebih dulu menghadapi Irak pada Senin (15/12/ 2024) dan Vietnam pada Jumat (19/12/2024).

Profil Jay Idzes, Bek Liga Italia yang Siap Membela Timnas Indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini