Ada Gerhana Matahari Total di Tahun 2024, Bisa Disaksikan di Indonesia?

Ada Gerhana Matahari Total di Tahun 2024, Bisa Disaksikan di Indonesia?
info gambar utama

Tahun 2024 akan diwarnai dengan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) di berbagai belahan dunia. Namun, apakah fenomena astronomi ini kembali melewati wilayah Indonesia?

Gerhana Matahari Total terjadi ketika sinar Matahari terhalang oleh Bulan sehingga bayangan Bulan akan jatuh di Bumi. Daerah Bumi yang berada di bayangan inti (umbra) Bulan akan mengalami Gerhana Matahari Total.

Dikutip dari laman resmi NASA, GMT akan melintasi Amerika Utara, melewati Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada pada 8 April 2024. Jika cuaca memungkinkan, lokasi pertama di benua Amerika Utara yang akan terdampak gerhana adalah pantai Pasifik Meksiko sekitar pukul 11.07 waktu setempat.

NASA menjelaskan jalur gerhana berlanjut dari Meksiko, memasuki Amerika Serikat di texas, dan melintasi Oklahoma, Missouri, hingga New York. Selanjutnya, gerhana akan memasuki kanada di Ontario Selatan, kemudian Quebec, hingga Cape Breton.

Mengenal Gerhana Matahari Hibrida, Fenomena Alam Langka yang Akan Terjadi di Indonesia

Apakah melewati Indonesia?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa Gerhana Matahari Total tidak terjadi setiap tahun. Hal ini dikarenakan GMT bergantung pada posisi Bulan, Bumi, dan Matahari. Selain itu, GMT juga tidak terjadi di lokasi yang sama.

Bersumber dari CNN Indonesia, Selasa (9/1), Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Hendra Suwarta Suprihatin menuturkan, GMT di lokasi yang sama akan berulang sekitar 350 tahun. GMT bisa disaksikan kembali di Indonesia pada 20 April 2042 di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Gerhana Matahari Total di Indonesia terakhir kali terjadi pada 9 Maret 2016. Peristiwa ini tampak jelas di seluruh wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sementara untuk Gerhana Matahari Parsial, terakhir kali menyapa Indonesia pada 20 April 2023 lalu.

Selain Gerhana Matahari Total, NASA juga memperkirakan pada 2024 akan terjadi peristiwa Gerhana Matahari Cincin. Gerhana ini akan terjadi pada 2 Oktober 2024 mendatang, dan hanya akan melewati wilayah Argentina dan Chili.

Tidak ada peristiwa Gerhana Matahari di Indonesia dalam waktu dekat. NASA memperkirakan Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari Cincin pada 21 Mei 2031 mendatang.

Makhluk-makhluk yang Beraktivitas saat Gerhana Bulan Total

Referensi:

CNN Indonesia. Gerhana Matahari Total di 2024, Indonesia Kebagian Lagi?. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240108093918-199-1046598/gerhana-matahari-total-di-2024-indonesia-kebagian-lagi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini