Indonesia Menjadi Negara dengan Pengaruh Diplomasi Terkuat di Asia Tenggara di tahun 2023

Indonesia Menjadi Negara dengan Pengaruh Diplomasi Terkuat di Asia Tenggara di tahun 2023
info gambar utama

Indonesia menjadi negara dengan pengaruh diplomatik terkuat di asia tenggara pada tahun 2023. Melansir data tahunan dari Lowy Institute Asia Power Index 2023, yang merilis Indeks Pengaruh Diplomatik untuk tahun ini, indeks ini menilai jaringan diplomatik, kekuatan multilateral, dan kebijakan luar negeri suatu negara. Indonesia memimpin di kawasan Asia Tenggara dan menempati posisi ke-7 di Asia Pasifik, dengan Myanmar memiliki pengaruh diplomatik terendah.

Indonesia merupakan salah satu dari enam negara di kawasan ini yang mencatatkan kenaikan skor secara keseluruhan, meskipun masih di bawah tingkat sebelum pandemi.

Indonesia telah menunjukkan kinerja unggul dalam ukuran ketahanan dan pengaruh diplomatik, menduduki peringkat ketujuh untuk keduanya. Meskipun demikian, tantangan terletak pada kemampuan militer dan jaringan pertahanan, di mana Indonesia menempati peringkat ke-13 untuk keduanya.

Meskipun begitu, Indonesia mencatat peningkatan paling signifikan dalam ukuran ketahanan, naik tiga peringkat menjadi posisi ketujuh. Pengaruh diplomatik Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang solid, mencerminkan peran kunci negara ini di ASEAN dan sebagai ketua G20 pada tahun 2022.

Baca juga: Banten Punya Bendungan Raksasa Rp2 Triliun, Kapasitas 315 Juta Meter Kubik

Penting untuk dicatat bahwa pengaruh Indonesia di kawasan Asia Tenggara ternyata lebih besar daripada yang diperkirakan, mengingat sumber daya yang tersedia, sebagaimana tercermin dalam skor kesenjangan kekuatan negara yang positif. Indonesia, sebagai negara dengan pencapaian terbaik di Asia, berhasil meningkatkan skor kesenjangan daya positifnya pada tahun 2022.

Namun, pada tahun 2023, Indonesia mengalami pertumbuhan positif hanya dalam pengaruh diplomatik (+6,4). Meskipun demikian, negara ini mengalami penurunan poin terbesar dalam hal ketahanan (-3,1). Tidak hanya itu, Indonesia juga meraih penurunan poin dalam aspek pengaruh budaya (-1,7) dan jaringan pertahanan (-0,6). Penting untuk dicatat bahwa skor untuk hubungan ekonomi, sumber daya masa depan, kemampuan militer, dan kemampuan ekonomi tidak mengalami perubahan pada tahun ini.

Skor Indonesia versi Lowy Institute:

  • Kekuatan Komprehensif Secara Total = ke-9 dari 26
  • Kapasitas Ekonomi = ke-10
  • Kapabilitas Militer = ke-13
  • Daya Tahan Terhadap Ancaman = ke-7
  • Sumber Daya Masa Depan = ke-6
  • Hubungan Ekonomi = ke-11
  • Jaringan Pertahanan = ke-13
  • Pengaruh Diplomatik = ke-7
  • Kekuatan Multilateral = ke-6
  • Kebijakan Luar Negeri = ke-7
  • Pengaruh Budaya = ke-11

Indonesia merupakan salah satu dari enam negara dari 26 negara yang mengalami peningkatan skor secara keseluruhan, meskipun masih lebih rendah dibandingkan sebelum pandemi.

Baca juga: RI Genjot Potensi Pasar Pengemasan Minyak Goreng di Timur Tengah dan Afrika

Indonesia naik tiga peringkat ke posisi ketujuh dalam kriteria ketahanan terhadap ancaman dan masalah, yang menunjukkan peningkatan terbesar. Peran penting Indonesia di ASEAN dan sebagai Ketua G20 pada tahun 2022 tercermin dari pertumbuhan pengaruh diplomatiknya yang terus meningkat.

Skor kesenjangan kekuatan Indonesia yang positif pada tahun 2022 menunjukkan sedikit peningkatan dalam pengaruhnya. Meskipun sering dikritik karena kepemimpinannya yang kurang kuat di ASEAN, Indonesia merupakan salah satu peserta diplomatik paling aktif di kawasan ASEAN, menurut indikator baru yang mengukur pola keterlibatan.

Secara keseluruhan, Indonesia di tahun ini memasuki babak baru dalam peran dan pengaruh diplomasi di kawasan Asia Tenggara. Dengan kebijakan luar negeri yang bijak, peran aktif dalam organisasi regional, pertumbuhan ekonomi yang stabil, dan pendekatan yang inklusif, Indonesia semakin meneguhkan posisinya sebagai negara dengan pengaruh diplomasi terkuat di kawasan ini, memberikan kontribusi positif dalam menjaga stabilitas dan kemakmuran bersama.

Sumber referensi:

  • https://power.lowyinstitute.org/countries/indonesia/
  • https://goodstats.id/infographic/indonesia-miliki-pengaruh-diplomatik-paling-kuat-se-asean-fakta-atau-mitos-42h8Y
  • https://www.abc.net.au/indonesian/2023-02-06/posisi-indonesia-dalam-indeks-kekuatan-di-asia-edisi-2023/101934894

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini