Kebun Raya Bogor, Rekreasi Edukatif Sekaligus Membersihkan Paru-Paru

Kebun Raya Bogor, Rekreasi Edukatif Sekaligus Membersihkan Paru-Paru
info gambar utama

Tanpa Kawan sadari, dalam kehidupan sehari-hari, Kawan bergelut dengan polusi udara. Hal ini dimulai dari saat meninggalkan rumah untuk berangkat bekerja, sekolah maupun berbelanja kebutuhan sehari-hari rumahtangga.

Mungkin Kawan bisa memilih untuk berjalan kaki atau memakai kendaraan listrik yang minim polusi. Namun, Kawan tidak bisa menghindari kehadiran kendaraan bermotor lain yang knalpotnya mengeluarkan asap polusi. Apalagi bagi kita yang tinggal di kota besar, selain asap kendaraan bermotor, ada juga asap dari cerobong industri.

Belum lagi ditambah dengan debu-debu partikel yang terbawa angin saat tidak hujan. Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan larangan merokok di tempat umum, masih saja ada masyarakat yang melanggarnya. Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di pulau Sumatera dan Kalimantan, juga tidak dapat menghindari polusi udara akibat pembakaran hutan maupun kegiatan pertambangan. Tahukah Kawan, jika polusi udara itu bisa menimbulkan beberapa penyakit?

Dikutip dari CNN Indonesia, berikut ini adalah penyakit yang disebabkan polusi udara:
1. Pneumonia
2. Asma
3. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
4. ISPA
5. Tuberkulosis
6. Kanker paru

Betapa mengerikannya dampak dari polusi udara. Tentu Kawan tidak ingin terpapar efek buruk dari polusi udara, bukan? Apalagi jika penyakit tersebut sampai menganggu kualitas hidup hingga mengurangi harapan hidup kita.

Karena itulah, penting sekali menjaga organ yang berhubungan langsung dengan polusi udara atau organ pernafasan seperti paru-paru.

Taman Nasional Komodo Jadi Destinasi Favorit Turis Asing di 2023

Dikutip dari Halodoc, cara membersihkan paru-paru selanjutnya yaitu dengan menghabiskan waktu di luar ruangan supaya mendapatkan lebih banyak udara segar. Dengan mendapatkan banyak udara segar, jaringan di paru-paru jadi lebih bersih dan sehat, sehingga fungsinya pun jadi lebih optimal.

Namun, pastikan udara di luar rumah memang sedang bersih. Hindari berolahraga di luar di jam-jam ramai kendaraan bermotor serta jauhi pembakaran sampah atau jenis asap lainnya. Sebaiknya pilih waktu di pagi hari untuk mendapatkan udara segar, atau pergilah ke tempat yang banyak pepohonan.

Jadi, salah satu cara membersihkan paru-paru adalah dengan menghirup udara segar di luar ruangan. Kawan bisa melakukannya di pagi hari karena saat itulah belum banyak kendaraan bermotor beroperasi. Atau Kawan juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk berekreasi di tempat wisata yang memiliki banyak pepohonan atau memiliki kadar oksigen tinggi. Salah satunya adalah Kebun Raya Bogor.

Kota Bogor dikenal sebagai kota hujan, tidak heran jika memiliki tanah yang subur. Berbagai tumbuhan bisa berkembang dengan baik di kota itu. Ini bisa kita lihat di Kebun Raya Bogor.

Wisata yang terletak tidak jauh dari Stasiun Kota Bogor. Tentunya mudah dijangkau oleh masyarakat di luar kota Bogor. Hanya menggunakan satu kali angkutan kota dari stasiun tersebut. kita bisa meningkatkan kesehatan paru-paru.

Kebun Raya Bogor memiliki dua buah pintu. Keduanya siap menyambut pengunjung dengan kesegaran tanamannya

Pohon-pohon besar yang sudah jarang Kawan temui di lingkungan sekitar akan bisa kamu jumpai di sana. Laksana sebuah hutan yang ditata sedemikian baik.

Kawan bisa berjalan-jalan menikmati udara segar. Bahkan, berpiknik sembari menggelar tikar dan menikmati bekal makanan yang disiapkan dari rumah atau dibeli di lokasi Kebun Raya Bogor. Jika Kawan tidak sanggup mengelilingi dengan berjalan kaki, maka kamu bisa menaiki sepeda listrik ataupun mobil golf yang disediakan disana dengan tarif terjangkau.

Vaksin Covid Masih Gratis untuk Kelompok Tertentu, Siapa Saja?

Kendaraan yang minim polusi akan mengantar kita mengelilingi Kebun Raya Bogor dalam waktu singkat. Bahkan, dengan menaiki mobil golf, secara tidak langsung Kawan juga akan mendapatkan tour gratis. Sebab, driver akan menjelaskan tentang sejarah dan jenis-jenis tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor.

Berbagai macam tumbuhan ada di Kebun Raya Bogor, dari tanaman asli Indonesia seperti pohon cendana yang tumbuh subur dan bunga bangkai yang hanya berbunga beberapa tahun sekali. Ada juga tanaman asli Australia seperti pohon eukaliptus, tanaman asli Afrika seperti aneka kaktus, dan bunga seperti bunga Kana dari Amerika yang berwarna warni tumbuh dengan suburnya.

Ada juga kebun anggrek yang menyajikan pesona luar bisa indahnya. Ini juga bisa menjadi sarana pembelajaran mengenal keanekaragaman hayati secara mudah dan murah. Kawan tidak perlu ke Afika untuk melihat aneka kaktus atau ke Amerika melihat pesona warna-warni bunga Kana. Betapa kita patut bersyukur memiliki alam Indonesia yang subur.

Koleksi Kaktus Kebun Raya Bogor
info gambar

Mari Kawan, kita berwisata cerdas sekaligus menyehatkan! Hiruplah udara segar di sekitar pepohonan waktu siang hari dalam-dalam, lalu hembuskan secara perlahan. Niscaya kesegaran yang menyehatkan fisik dan pikiran akan Kawan dapatkan!

Kelezatan Sate Bandeng yang Diracik Spesial dari Dapur Pribadi Sultan Banten

Sumber referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230824114653-255-989894/6-penyakit-akibat-polusi-udara-yang-bisa-memicu-kematian
  • https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-cara-membersihkan-paru-paru-secara-alami

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini