Deretan Festival Bertaraf Internasional Ramaikan Kalsel di Tahun 2024

Deretan Festival Bertaraf Internasional Ramaikan Kalsel di Tahun 2024
info gambar utama

Sejumlah agenda pariwisata bertaraf internasional akan meramaikan Provinsi Kalimantan Selatan di tahun 2024. Di antaranya ada Festival Pasar Terapung dan Festival Tour De Loksado.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel M Syarifuddin mengungkapkan bahwa kedua kegiatan itu merupakan agenda tahunan yang sudah masuk dalam program Karisma Event Nusantara dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pada tahun sebelumnya, festival bertaraf internasional ini turut mengundang delegasi dari empat negara, yaitu Korea Selatan, Romania, Turki dan Taiwan. Sementara untuk tahun ini, pemerintah setempat berencana mengundang delegasi dari 10 negara.

Festival Pasar Terapung

Syarifuddin menilai Festival Pasar Terapung yang digelar di Lok Baintan Kabupaten Banjar sudah mendunia. Pasar terapung ini menunjukkan kebudayaan dan kehidupan warga Banjar yang tinggal di pinggiran Sungai Martapura.

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2023 diwarnai dengan sejumlah lomba yang berkaitan erat dengan aktivitas pedagang seperti lomba balap jukung (perahu tanpa mesin) yang diikuti acil atau perempuan kaum ibu-ibu pedagang pasar terapung.

Aktivitas jual-beli beraneka macam barang kebutuhan pokok memang sudah menjadi tradisi dan turun temurun dilakukan oleh masyarakat sekitar aliran Sungai Martapura. Tradisi ratusan tahun ini terus dilestarikan melalui festival yang mendatangkan wisatawan.

Mengenal Destinasi Wisata Pasar Terapung: Pasar Unik yang Ada di Kalimantan Selatan

Festival Tour De Loksado

Tour De Loksado
info gambar

Berbeda dengan Festival Pasar Terapung yang digelar di atas aliran sungai, Festival Tour De Loksado mengambil tempat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang berada di wilayah keindahan alam Geopark Pegunungan Meratus.

“Ini juga sangat menarik wisatawan, karena Loksado merupakan wilayah strategis pariwisata nasional yang sudah dikenal ke mancanegara,” kata Syarifuddin yang dimuat Antara.

Tahun lalu, Sebanyak 447 goweser mengikuti Tour De Loksado. Mereka memulai rute dari Kiram, Kabupaten Banjar, yang juga merupakan salah satu destinasi wisata di Kalsel, kemudian berakhir di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Syarifuddin berharap agar kegiatan pariwisata yang diagendakan pada 2024 ini dapat meningkatkan kunjungan wisata di Provinsi Kalsel, mengingat pihaknya kini mulai fokus untuk pengembangan pariwisata sebagai penggerak ekonomi daerah.

Kuliner Khas Kalimantan Selatan, Bukan Hanya Soto Banjar yang Jadi Primadona

Referensi:

Antara. Kalsel Agendakan Kegiatan Pariwisata Bertaraf Internasional 2024. https://www.antaranews.com/berita/3908031/kalsel-agendakan-kegiatan-pariwisata-bertaraf-internasional-2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini