Terapkan 5 Cara Belajar Efektif Ini Untuk Pelajar dan Mahasiswa!

Terapkan 5 Cara Belajar Efektif Ini Untuk Pelajar dan Mahasiswa!
info gambar utama

Tujuan seorang pelajar dan mahasiswa secara umum adalah belajar dan mengerti atas materi yang telah dijelaskan oleh guru maupun dosen, hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal.

Nilai dan IPK dapat dikatakan sebagai hasil akhir dari bentuk pemahaman materi. Jika Kawan GNFI merasa kesulitan memahami materi pembelajaran, maka akan menyebabkan nilai yang didapat kurang maksimal.

Nilai yang tidak maksimal bisa berarti nilai yang didapatkan sangat kecil sehingga akan berdampak pada nilai akhir rapot maupun nilai akhir IPK.

Apabila Kawan GNFI merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, mungkin ada yang salah dengan cara belajar Kawan GNFI.

Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan merubah cara belajar. Kawan GNFI dapat menirukan bagaimana cara belajar efektif seperti dibawah ini ya!

1. Membaca Ulang Materi

Pahami Maksud Dari Materi |Sumber Foto: Pexels
info gambar

Pelajar maupun mahasiswa pasti pernah atau bahkan seringkali berada di posisi tidak mengerti mengenai materi yang disampaikan oleh guru maupun dosen.

Entah itu diakibatkan oleh hilang fokus ataupun masalah lain yang sedang dialami sehingga menyebabkan fokus terbagi dengan hal lain yang dikerjakan secara bersamaan.

Nah, untuk mengatasi hal ini Kawan GNFI dapat melakukan pembelajaran ulang dengan cara membaca kembali materi yang telah diberikan oleh guru maupun dosen.

Kawan GNFI dapat membuka bahan ajar yang telah diberikan oleh guru dan dosen, seperti buku ataupun modul pembelajaran, atau bisa juga dengan melihat dan menulis kembali catatan rangkuman materi milik teman.

Baca Juga: Tinggalkan Cara Lama, Metode Active Recall Jadikan Belajar Makin Efektif

2. Mencari Materi Tambahan

Materi Tambahan Secara Gratis |Sumber Foto: Pexels
info gambar

Jika menurut Kawan GNFI materi yang diberikan oleh guru dan dosen dirasa kurang lengkap, maka dapat mencari tambahan materi dari google, youtube atau website belajar lainnya.

Selain itu juga Kawan GNFI dapat pergi ke perpustakaan sekolah dan kampus untuk menemukan buku lain dengan materi yang sedang dipelajari.

Banyak sekali platform yang memberika buku gratis yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis seperti Ipusnas, e-perpusdikbud, Google Play Books, dan platform lainnya.

Untuk mahasiswa dapat bertanya dan meminta materi yang sedang dipelajari kepada kating yang sudah menyelesaikan mata kuliah tersebut.

3. Membuat Rangkuman Materi

Meringkas dan Menulis Kembali Catatan |Sumber Foto: Pexels
info gambar

Hal yang harus dilakukan setelah semua bahan materi dikumpulkan adalah membuatkan rangkuman dengan mencatat kembali poin-poin penting dengan menggunakan gaya bahasa sendiri agar mudah dipahami.

Jangan lupa untuk memberikan tanda pada bagian-bagian yang penting menggunakan stabilo atau sticky note.

4. Berdiskusi dengan Teman

Bertukar Pikiran Dengan Teman Yang Lebih Paham |Sumber Foto: Pexels
info gambar

Jika cara diatas masih membuat Kawan GNFI bingung, cobalah untuk berdiskusi dengan teman yang lebih mengerti dan menguasai materinya.

Contohnya adalah jika ada soal yang tidak atau belum mengerti, tanyakan bagaimana tahapan cara untuk menyelesaikan soal tersebut.

Setelah itu cobalah untuk mengerjakan soalnya dengan kemampuan sendiri kemudian cocokan jawabannya dengan milik teman Kawan.

Baca Juga: Melihat Cara Belajar Ilmuwan Dunia, Bisa Kamu Contoh!

5. Buatlah Tempat Belajar yang Nyaman

Kenyamanan Saat Belajar |Sumber Foto: Pexels
info gambar

Perlu ketahui bahwa sebelum memulai belajar, Kawan GNFI harus membuat tempat belajar yang nyaman terlebih dahulu.

Apabila tempat belajar sudah nyaman maka saat belajar pun akan merasa nyaman dan tenang, sehingga pikiran pun akan merasa tenang dan dapat lebih fokus untuk belajar dan memahami materi.

Itulah beberapa ulasan tentang bagaimana cara belajar efektif yang dapat Kawan GNFI lakukan sebagai pelajar maupun mahasiswa untuk dapat memahami materi. Semoga bermanfaat!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini