LPAIK UNIMAR Sukses Selenggarakan Baitul Arqam Pimpinan 2024

LPAIK UNIMAR Sukses Selenggarakan Baitul Arqam Pimpinan 2024
info gambar utama

Lembaga Pengkajian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPAIK) Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin sukses menyelenggarakan Baitul Arqam Pimpinan Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin Tahun 2024.

Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis-Sabtu, 11—13 Januari 2024 di Santa Monica Resort, Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pimpinan universitas yang terdiri dari Badan Pengurus Harian (BPH), Rektor, Wakil Rektor 1 & 2, Dekan, Kaprodi, serta Kepala Lembaga dan Bidang yang mengelola UNIMAR.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, penyerahan simbolis dari Rektor Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin, Bapak apt. Drs. Jaka Supriyanta, M.Farm kepada Bapak Dr. Muhammad Dwifajri, M.Pd.I. sebagai Master of Training (MOT) BAP UNIMAR 2024. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sesi materi dari beberapa pembicara, kegiatan outbond, fathul qulub, dan diakhiri dengan penutupan dan penyerahan simbolis kembali dari MOT ke Rektor UNIMAR.

Dalam sesi materi, Baitul Arqam Pimpinan UNIMAR 2024 menghadirkan beberapa pembicara dan narasumber yang berkompeten dan berkontribusi besar dalam kemajuan Muhammadiyah selama ini, yaitu Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si. (Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pustaka, Informatika, dan Digitalisasi), Andy Dwi Bayu Bawono, Ph.D. (Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah), Dr. H. Syamsuddin, M.Pd. (Ketua PWM Provinsi Banten), Sarli Amri, M.A. (Kepala Pusat Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan ITB AD), Muhib Rosyidi, M.A.Hum. (Ketua LPP AIK UHAMKA & Dewan Pengawas LazisMu PP Muhammadiyah), Dr. Muhammad Dwifajri, M.Pd.I. (MPKSDI PPM/UHAMKA), Bambang Irawan, S.Pd.I., M.Pd. (MPKSDI PPM/UMJ), Dr. Izzatusholekha, S.Sos., M.Si. (Anggota Instruktur Nasional/UMJ), dan Suwardi, S.E. (MPKSDI Banten).

Tanaman Toga, Beragam Manfaat dari Tumbuhan yang Ada di Perkarangan Rumah

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pimpinan UNIMAR mendapatkan bekal dan pendalaman agar selalu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan pedoman-pedoman Muhammadiyah.

Selain itu, Baitul Arqam Pimpinan UNIMAR 2024 menghadirkan pembicara yang berpengalaman dan berkontribusi besar dalam kemajuan Muhammadiyah, yaitu Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si. (Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pustaka, Informatika, dan Digitalisasi), Andy Dwi Bayu Bawono, Ph.D. (Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah), Dr. H. Syamsuddin, M.Pd. (Ketua PWM Provinsi Banten), Sarli Amri, M.A. (Kepala Pusat Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan ITB AD), dan Muhib Rosyidi, M.A.Hum. (Ketua LPP AIK UHAMKA & Dewan Pengawas LazisMu PP Muhammadiyah).

Kegiatan ini diharapkan menjadi bekal bagi para pimpinan dalam memajukan UNIMAR dengan tetap berpegang kepada nilai-nilai Muhammadiyah. Selain itu, demi memberikan bekal seputar nilai-nilai kemuhammadiyahan secara mendalam, Baitul Arqam Pimpinan UNIMAR 2024 menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya. Salah satu narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si. yang menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pustaka, Informatika, dan Digitalisasi.

Dalam sesi materinya, beliau memberikan materi dengan tema “Dakwah di Tengah Gelombang Teknologi dan Informasi”. Tema materi ini sesuai dengan amanah yang beliau emban saat ini di PP Muhammadiyah.

Beliau mengawali sesi materinya dengan memberikan gambaran seputar fenomena internet yang tengah marak dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di masyarakat, tidak terkecuali dalam bidang dakwah. Internet, sebagai sumber informasi yang mudah diakses dan tidak terbatas, memberikan kemudahan dalam mencari ilmu-ilmu agama dan jawaban seputar masalah keagamaan.

Siklon Tropis Anggrek Muncul Dekat Indonesia, Apa Dampaknya?

Di sisi lain, tidak sedikit dari para ulama dan pemuka agama yang memanfaatkan internet dan media sosial sebagai sarana dakwah yang efektif dalam menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

Kendati demikian, masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan teknologi internet sebagai sarana dakwah, seperti kesahihan sumber informasi yang sesuai dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Oleh karena itu, setiap pihak tidak hanya harus menerima dakwah yang berada di internet, tetapi juga memeriksa kembali isi dari dakwah tersebut.

Setelah memberikan materi, Prof. Dadang Kahmad menerima sertifikat penghargaan dan cendera mata UNIMAR. Sesi materi diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh peserta dan panitia BAP UNIMAR 2024.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

ML
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini