Tanaman Toga, Beragam Manfaat dari Tumbuhan yang Ada di Perkarangan Rumah

Tanaman Toga, Beragam Manfaat dari Tumbuhan yang Ada di Perkarangan Rumah
info gambar utama

Tanaman Toga atau singkatannya tanaman obat keluarga sudah umum ditemukan di kawasan Indonesia. Selain digunakan untuk penghijauan lingkungan, tanaman toga juga dimanfaatkan sebagai obat atau jamu.

Dikutup dari eprints.umm.ac.id, tanaman toga merupakan tanaman hasil budidaya yang berkhasiat sebagai obat. Hal ini membuat tanaman toga dikenal mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kisah Bunga Dandelion, Berasal dari Eropa Memberi Beragam Manfaat ke Manusia

Tukimin (2004) dalam eprints.umm.ac.id menjelaskan hakikatnya toga diartikan sebagai sebidang tanah (baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang), di mana bidang tanah itu digunakan untuk membudidayakan tanaman berkhasiat sebagai obat.

“Pemanfaatan bidang tanah untuk budidaya tanaman obat keluarga itu, dilakukan dalam rangka untuk memenuhi keperluan obat-obatan tradisional untuk keperluan keluarga,” jelasnya yang dimuat Detik.

Bisa dibuat sendiri

Tukimin mengungkapkan bahwa obat tradisional tersebut bisa dibuat sendiri. Ketika hasil budidaya dari tanaman toga banyak, selanjutnya bisa disalurkan kepada masyarakat sekitar atau dijual langsung di pasar.

“Alasannya, karena toga ini cenderung tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan dan harganya lumayan murah,” paparnya.

Daun Mekai, Micin Ala Suku Dayak untuk Penyedap Rasa Makanan

Dirinya menjelaskan walau penyebutan tanaman obat keluarga ini lebih mengacu pada penataan pekarangan. Karena itu, tidak berarti tanaman atau tanaman hias semuanya bisa berkhasiat sebagai obat.

“Dalam hal ini suatu tanaman bisa disebut sebagai tanaman obat, yakni apabila sebagian, seluruh, atau eksudat tersebut bisa digunakan sebagai bahan, obat, ataupun ramuan obat-obatan,” jelasnya.

Jenis tanaman toga

Ada beberapa jenis tanaman toga, berikut namanya:

1. Jahe merah

Pada buku Saku Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang disusun Susi Mindarti dan Beber Nurbaeti terbitan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) menyebutkan bahwa jahe merah merupakan tanaman yang banyak khasiat

Jahe adalah sejenis umbi yang kaya dengan kandungan gingerol bersifat anti radang dan antioksidan. Adapun khasiat jahe merah sia antaranya bisa mengobati sakit kepala, membantu meringankan rasa mulas pada perut, hingga menjadi bahan urut.

2. Kunyit

Kunyit adalah tanaman toga untuk pengobatan tradisional, bisa berguna untuk mengobati radang yang membandel. Caranya, air rebusan kunyit dicampur dengan kuning telor dan kapur sirih.

3. Kemangi

Tidak hanya sering digunakan sebagai tanaman toga untuk pengobatan tradisional, bisa berguna untuk mengobati radang yang membandel. Caranya, air rebusan kunyit dicampur dengan kuning telur dan kapur sirih.

Lebih dari 90 Spesies Baru Tumbuhan dan Satwa Liar Ditemukan Sejak 2021

4. Kencur

Kencur adalah jenis tanaman toga selanjutnya. Tanaman ini dipercaya bisa mengobati batuk, radang lambung, muntah-muntah, hingga merangsang nafsu makan.

5. Sirih merah

Batang dan daun sirih merah memiliki khasiat untuk kesehatan. Rebusan sirih merah sering dijadikan teh herbal berkhasiat untuk antiseptik, mengobati nyeri sendi, asam urat, memperhalus kulit, hingga mengobati batuk.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini