Kreatif Memanfaatkan Knalpot Brong yang Merugikan menjadi Tugu Ikonik Kota Pati

Kreatif Memanfaatkan Knalpot Brong yang Merugikan menjadi Tugu Ikonik Kota Pati
info gambar utama

Berpenampilan beda adalah salah satu cara untuk menarik perhatian. Hal itu berlaku juga pada kendaraan bermotor roda dua. Tidak sedikit orang berusaha memodifikasi motornya. Dari menghias motor menggunakan stiker decal hingga mengganti knalpotnya dengan knalpot racing atau knalpot brong.

Memang pemakaian knalpot brong membuat motor terlihat lebih bagus secara tampilan. Dan knalpot brong juga bisa meningkatkan performa motor. Karenanya tidak sedikit orang yang mengganti knalpotnya menjadi knalpot brong.

Sayang sekali Kawan, meskipun membuat nilai estetika dan performa motor menjadi lebih bagus, tetapi mengganti knalpot standar dengan knalpot brong ternyata membawa kerugian. Dikutip dari cnnindonesia.com, apa saja kerugian menggunakan knalpot brong bagi kendaraan roda dua?

1. Garansi gugur
2. Pencemaran udara
3. Bising
4. Ditilang

Menelusuri Berbagai Macam Gunung di Malang

Itulah Kawan kerugian menggunakan knalpot brong. Ternyata merugikan secara ekonomi, yaitu garansi gugur. Padahal sama seperti knalpot standar, knalpot brong bisa juga rusak. Tentu merugikan sekali jika garansi kerusakan knalpot tidak bisa diclaim.

Pemakaian knalpot brong juga merusak lingkungan hidup termasuk manusia sebagai penghuninya. Pencemaran asap knalpot bisa mengganggu kerja paru-paru sebagai organ yang berhubungan dengan udara.

Kebisingan knalpot brong juga bisa mengganggu pendengaran dan konsentrasi pengendara lain. Padahal pengendara membutuhkan konsentrasi tinggi untuk memacu kendaraannya dengan cepat dan selamat di tengah padatnya arus lalu lintas.

Kawan tentu juga tidak mau direpotkan dengan urusan tilang karena pemakaian knalpot brong. Oleh karena itu, mari kita tinggalkan pemakaian knalpot brong. Masih banyak cara lain untuk menarik perhatian. Seperti meningkatkan prestasi belajar atau bekerja.

Meskipun begitu, ternyata ada juga manfaat knalpot brong. Ini bukan tentang estetika dan performa motor yang meningkat. Tapi ini tentang sampah knalpot brong. Di Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah, sampah knalpot brong hasil razia polisi yang dikumpulkan tidak dibuang begitu saja.

Pemerintah Kabupaten Pati dibantu oleh pengrajin menjadikan knalpot brong hasil razia polisi yang jumlahnya mencapai empat ribu lebih itu sebagai bahan dasar pembuatan Tugu ikonik kota Pati. Adalah sebuah Tugu Bandeng nan megah yang terbuat dari sampah knalpot brong.

Perlu Kawan ketahui, Pati adalah kota penghasil bandeng terbesar di Jawa Tengah. Ikan bandeng menjadi sumber pendapatan bagi sebagian besar penduduk Kabupaten Pati terutama di Kecamatan Juwana. Selain menjual ikan bandeng mentah, penduduk Pati juga mengolah ikan bandeng menjadi makanan-makanan yang bisa disantap langsung maupun makanan yang bisa diawetkan.

Hingga hasil olahan ikan bandeng Juwana terkenal hingga kota Semarang sebagai ibu kota Propinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu Tugu bandeng menjadi Tugu ikonik bagi Kabupaten Pati.

Blitar Park, Taman Hiburan dengan 28 Wahana Atraksi di Jawa Timur
Alun-Alun Kota Pati
info gambar

Tugu Bandeng dari knalpot brong memang tidak sebesar Tugu Bandeng yang terletak di Jalur Lingkar Selatan Kabupaten Pati. Atau tugu yang telah diresmikan sebagai ikon kota Pati pada Januari 2019. Tapi Tugu Bandeng dari knalpot brong diletakkan dekat pusat pemerintahan kota Pati tepatnya di sebelah barat lapangan alun-alun simpang lima Pati.

Tugu itu juga menjadi monumen knalpot brong yang menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemakaian knalpot brong sangat tidak bermanfaat sekaligus menunjukkan bahwa ikan bandeng telah banyak menghidupi masyarakat Pati.

Tugu tersebut juga menunjukkan bahwa barang bekas yang sepertinya tidak bermanfaat ternyata bisa dimanfaatkan kembali. Betapa sangat kreatif, ya!

Letak Tugu Bandeng dari knalpot brong yang dekat dengan alun-alun kota Pati membuat tugu tersebut menjadi wisata baru. Masyarakat bisa berjalan-jalan di alun-alun yang sejuk oleh pepohonan sembari melihat megahnya Tugu Bandeng dari knalpot brong. Walaupun untuk berfoto didekatnya harus berhati-hati karena padatnya arus lalu lintas disekitarnya.

Bagaimana Kawan, apakah kamu tertarik untuk melihat Tugu Bandeng dari knalpot brong? Mari berkunjung ke kota Pati sembari menikmati gurihnya ikan bandeng!

Mengenal Ketapanrame Mojokerto, Desa Wisata Terbaik yang Jadi Sorotan Debat Cawapres

Sumber referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20240117145453-595-1050759/kerugian-motor-pakai-knalpot-brong-selain-potensi-bentrok-warga

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini