Menelusuri Berbagai Macam Gunung di Malang

Menelusuri Berbagai Macam Gunung di Malang
info gambar utama

Jika membahas Malang, tentu Kawan tidak lupa dengan pegunungan nya yang banyak digunakan untuk mendaki. Apa saja ya, gunung yang menarik untuk dikunjungi di Malang?

Malang sebagai daerah dingin yang dikelilingi oleh pegunungan menjadikannya destinasi wisata populer bagi para pendaki. Beberapa gunung yang banyak dikenal di sekitar Malang, yaitu Gunung Semeru, Gunung Arjuno, dan Gunung Bromo pun tak lepas dari list destinasi wisata di Indonesia.

Jika Kawan ingin merasakan pengalaman mendaki gunung selain Gunung Semeru, Gunung Arjuno dan Gunung Bromo. Banyak gunung yang cocok untuk dijadikan mendaki sebagai pemula. Wah, apa saja ya? Berikut daftar gunung yang ada di Malang!

Rumput Laut Bisa Jadi Pengganti BBM, Apa Keuntungan dan Kekurangannya?

1.Gunung Panderman

Gunung Panderman © Instagram @gunungpanderman
info gambar

Memiliki ketinggian 2.045 meter di atas permukaan laut, gunung ini cocok bagi para pendaki yang masih pemula dikarenakan gunung ini juga dapat dijelajahi dalam satu hari.

2. Gunung Butak

Gunung Buthak © Wikimedia Commons
info gambar

Memiliki ketinggian 2.868 meter dengan tipe stratovolcano atau gunung berapi komposit (salah satu bentuk Gunung yang tinggi dan mengerucut, terdapat lava dengan abu vulkanik yang mengeras). Rutenya yang sederhana cocok bagi Kawan yang ingin memulai belajar mendaki.

3. Gunung Welirang

Pemandangan Gunung Welirang © Wikimedia Commons
info gambar

Memiliki kawah yang mengandung belerang dan air terjun yang masih alami. Gunung Welirang merupakan gunung api dengan kerucut yang tingginya mencapai 3.156 meter di atas permukaan laut dan memiliki kawah berisi belerang di puncaknya. Jika ingin menguji kemampuan mendaki, Kawan dapat mencoba gunung ini.

ESDM Kantongi Rp300 Triliun dari Penerimaan Bukan Pajak 2023

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru © Wikimedia Commons
info gambar

Dengan ketinggian mencapai 3.676 meter, gunung ini dijuluki sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Semeru sangat disarankan bagi pendaki profesional. Hal ini disebabkan karena rute pendakian gunung memiliki alur yang menantang.

5. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno © Wikimedia Commons
info gambar

Dengan ketinggian 3.339 meter diatas permukaan laut, gunung ini juga termasuk sebagai gunung berapi kerucut yang dapat Kawan capai dari Lawang, Tretes, dan Batu. Gunung Arjuno adalah gunung keempat tertinggi di Jawa setelah gunung Semeru. Tentu sebagai pendaki profesional, gunung ini dapat Kawan capai baik dari Lawang, Tretes, maupun Batu.

6. Gunung Bromo

Mount Bromo at Sunset Indonesia © Jeffery Surianto © Pexels
info gambar

Gunung ini biasanya digunakan sebagai tempat wisata rekomendasi di Malang. Kawan dapat mengunjungi gunung yang memiliki ketinggian 2.684 meter ini. Gunung ini menarik bagi pecinta alam yang ingin berkunjung di akhir pekan.

7. Gunung Pundak

Gunung Pundak © dishut.jatimprov
info gambar

Kenalan dulu dengan Gunung Pundak! Gunung ini dinamakan demikian karena berada di bahu Welirang-Arjuno. Gunung ini memiliki ketinggian 1.585 meter dan menawarkan pemandangan yang menyegarkan mata pendaki.

Tentu dari keenam gunung tersebut, Gunung Panderman, Gunung Butak, dan Gunung Bromo sangat cocok untuk Kawan yang ingin berwisata dan mendaki sebagai pemula.

Rajati Flower Garden, Parit Penuh Sampah yang Disulap Jadi Taman Bunga Indah

Untuk pendaki pemula, persiapan yang matang sangat penting demi keamanan dan keselamatan. Cek hal hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaki!

Pada Pakaian dan Perlengkapan, Kawan dapat memakai sepatu gunung dan jaket dengan tas ransel carrier berisi Sleepingbag, matras, dan tenda.

Tak luput Peralatan Penting yang harus Kawan bawa di antaranya peta, kompas atau GPS, kotak P3K, filter air, tabir surya, lotion anti-serangga, pisau serbaguna, perlengkapan masak, kabel nilon, senter, dan headlamp.

Tentunya, jangan lupa membawa persediaan makanan dan minuman yang tentunya bergizi agar mendaki menjadi lebih menyenangkan dan menyehatkan.

Selain itu, persiapan kesehatan fisik dan mental sangat penting. Menentukan lokasi dan level mendaki yang sesuai, serta memastikan perizinan lokasi telah dipenuhi, juga merupakan langkah yang krusial. Dengan persiapan yang matang, pengalaman mendaki gunung dapat menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini