8 Pasar Ikan Terbaik di Jakarta

8 Pasar Ikan Terbaik di Jakarta
info gambar utama

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta jadi salah satu kota yang cukup sibuk dengan berbagai macam aktivitas ekonomi di dalamnya. Tak hanya kawasan perkantoran dengan lalu lintas yang cukup padat, Jakarta juga memiliki tempat yang menawarkan pengalaman kuliner laut yang kaya.

Tak hanya memiliki banyak gedung pencakar langit yang tinggi, Jakarta juga memiliki wilayah pantai yang cukup luas. Hal ini yang membuat Jakarta jadi salah satu rumah untuk berbagai pasar ikan yang menarik. Bahkan, salah satu pasar ikan yang cukup terkenal di Jakarta sudah terkenal secara internasional. Berikut adalah 8 pasar ikan terbesar yang ada di Jakarta yang bisa Kawan kunjungi jika sedang mencari beragam kebutuhan dari hasil laut yang ada di Jakarta dan sekitarnya!

1. Pasar Ikan Modern Muara Baru

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru terletak di Penjaringan, Jakarta Utara. Pasar ikan yang selesai pada akhir Desember tahun 2018 ini adalah salah satu pasar ikan modern di Jakarta yang mengusung konsep one stop shopping yang menyajikan aneka produk perikanan, menjual dan menyajikan ikan segar hingga produk olahan yang bisa dinikmati langsung saat berkunjung loh Kawan.

Dengan bangunan yang masih baru, Pasar Ikan Modern Muara Baru ini memang bersih dan higienis. Apalagi jika memang Kawan ingin mencari olahan ikan yang menjadi favorit karena di sini Kawan bisa mencari dari 150 lebih pedagang ikan yang ada.

2. Pasar Ikan Muara Angke

Siapa yang tidak mengenal Pasar Ikan Muara Angke? Pasar ini menjadi surga untuk para pecinta seafood di Jakarta. Terletak di utara Jakarta, pasar ini punya berbagai jenis ikan, udang, kepiting, dan kerang segar untuk para pencari kenikmatan seafood. Di sini, Kawan dapat memilih ikan langsung dari perahu nelayan yang baru banget tiba dari laut sehingga akan mendapatkan bahan yang fresh. Selain Kawan bisa membeli, Kawan juga dapat mencoba langsung berbagai hidangan laut di warung-warung yang ada di sekitar pasar.

Telusuri Sumberdaya Perikanan di Pasar Ikan Muara Angke

Datanglah pada pukul 20.00-21.00 WIB jika memang Kawan ingin mendapatkan ikan laut yang masih segar dan baru turun dari kapal nelayan. Harga yang ditawarkan pun bisa jadi lebih murah dengan di tempat lain. Ingin merasakan olahan ikan langsung di sini? Tenang, ada banyak pengolahan ikan dan restaurant jika memang Kawan ingin langsung menyantap hidangan ikan favorit di Pasar Muara Angke.

3. Pasar Ikan Cilincing

Pasar Ikan Cilincing merupakan pasar ikan yang masih berlokasi di Jakarta Utara. Pasar ini bisa jadi pilihan destinasi bagi Kawan yang ingin mencari ikan segar maupun hasil olahan ikan murah dan segar. Pasar ni gak cuma dikenal karena harganya yang terjangkau, tapi juga punya beragam ikan, dari yang umum hingga eksotis, bisa Kawan temukan di sini. Pengunjung dapat memilih untuk membawa pulang ikan segar atau langsung menikmati hidangan laut yang disajikan di sejumlah warung yang banyak tersebar di sekitar pasar.

Tak hanya berbelanja ikan, Kawan bisa menikmati beberapa destinasi wisata pesisir di Jakarta. Pengalaman baru melihat proses pelelangan ikan juga bisa Kawan lihat di Pasar Ikan Cilincing ini.

4. Pasar Ikan Mayestik

Pasar Ikan Mayestik menjadi salah satu pasar ikan yang cukup legend. Sejak tahun 1981, pasar ikan yang berlokasi di Jakarta Selatan ini memanjakan para pencinta olahan seafood. Bahkan, tak hanya menjual ikan-ikan segar, di sini Kawan bisa membeli olahan ikan asap dan ikan yang sudah dikeringkan. Ada banyak pilihan lapak ikan yang bisa Kawan datangi saat sedang mencari ikan segar.

Di Pasar Ikan Mayestik, Kawan bisa berkeliling dari blok ke blok yang khusus disediakan untuk para penjual ikan maupun hasil tangkapan laut lainnya.

5. Pasar Ikan Glodok

Terletak di pusat Kota Tua Jakarta, Pasar Ikan Glodok tentu akan menawarkan pengalaman berbelanja ikan yang unik. Di sini, budaya Tionghoa dan Indonesia bertemu, menciptakan suasana belanja yang khas dan unik. Kawan juga dapat menemukan berbagai ikan, seafood kering, dan produk laut lainnya. Selain itu, Kawan bisa menikmati berbagai macam olahan seafood yang dijual di warung-warung makan laut yang menyajikan hidangan khas dengan cita rasa yang otentik.

6. Pasar Ikan Kramat Jati

Pasar Ikan Kramat Jati, yang terletak di bagian timur Jakarta, menawarkan pilihan ikan segar dengan harga yang bersaing. Kebersihan pasar ini merupakan salah satu daya tarik utamanya. Pengunjung dapat menelusuri gang-gang pasar yang bersih dan rapi, sambil menikmati aroma segar dari hasil laut. Para pedagang yang ramah dan berpengetahuan di sini siap memberikan informasi tentang ikan dan cara memasaknya.

7. Pasar Ikan Modern Marunda

Pasar Ikan Modern Marunda adalah salah satu pasar ikan terbaru di Jakarta yang menawarkan suasana modern dengan fasilitas yang cukup lengkap. Pasar ikan yang terletak di utara Jakarta ini didesain untuk memudahkan pembeli dalam mencari ikan segar dan jenis seafood lainnya. Sejumlah toko dan restoran di sekitar pasar juga menyediakan hidangan laut lezat yang dapat dinikmati langsung setelah berbelanja.

Jika Kawan ingin sekali membeli dan merasakan ikan olahan yang segar, maka sangat disarankan untuk datang pagi hari ya!

8. Pasar Ikan Jatinegara

Pasar ikan yang cukup terkenal di Jakarta yang selanjutnya adalah Pasar Ikan Jatinegara. Di pasar ini, Kawan bisa menemukan berbagai jenis ikan yang masih segar baik ikan laut maupun ikan sungai dengan harga yang pas di kantong. Jika memang Kawan ingin membeli ikan langsung dari nelayan, maka sangat disarankan untuk datang pada pukul 06.00 WIB karena aktivitas pasar baru dimulai. Selain dapat menemukan berbagai macam olahan ikan, di sini juga Kawan bisa membeli ikan hias untuk mengisi aquarium yang mempercantik rumah. Dijamin akan sangat memanjakan mata deh.

Kedelapan pasar ikan di atas ada yang sudah lama berdiri dan ada yang baru saja selesai dibangun. Dengan Kawan mengunjungi pasar ikan yang ada di Jakarta maka bukan hanya kebutuhan akan ikan segar yang dapat terpenuhi, tetapi juga bisa menjadi petualangan kuliner yang memuaskan dan memanjakan perut. Tentunya, setiap pasar ikan memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri dalam menciptakan pengalaman berbelanja, apalagi jika Kawan ingin menyantap seafood yang tak terlupakan ketika sedang berkunjung ke Jakarta.

Sebagai negara dengan luas laut yang lebih besar, tentu kita harus bersyukur karena bisa menikmati olahan ikan segar dan beragam macamnya di pasar-pasar ikan yang ada d Jakarta maupun di daerah lainnya ya Kawan.

Pasar Ikan Muara Angke Terintegrasi

Nah, apakah Kawan punya pasar ikan favorit yang ada di Jakarta tidak? Jika ada, yuk komen di bawah agar menjadi referensi bagi Kawan GNFI lainnya yang sedang mencari referensi tentang pasar ikan yang ada di Jakarta!

Referensi artikel:
https://metro.sindonews.com/read/821965/171/5-pasar-ikan-terbaik-di-jakarta-nomor-1-mampu-saingi-tokyo-1657350428
https://kominfo.kulonprogokab.go.id/detil/865/pim-muara-baru-pasar-ikan-kekinian-usung-konsep-bersih-dan-higienis
https://kumparan.com/kumparanbisnis/foto-aktivitas-di-pelelangan-ikan-cilincing-1z5kYQ624Ht/full
https://kkp.go.id/djpdspkp/artikel/9555-image-baru-pasar-ikan-di-pasar-ikan-modern-pim-muara-baru

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini