Curug Cimarinjung, Pesona Alam yang Menakjubkan di Sukabumi

Curug Cimarinjung, Pesona Alam yang Menakjubkan di Sukabumi
info gambar utama

Curug Cimarinjung adalah wisata alam yang menampilkan eksotisme air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter. Tempat wisata yang menghadirkan pesona alam yang memukau ini akan membuat pengunjung terkesima pada kecantikan air terjun dan keasrian lingkungan sekitar.

Hanya dengan tiket masuk seharga Rp3.000 per orang, Kawan sudah bisa menikmati keindahan curug yang terletak di perbatasan Desa Ciwaru dan Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini.

Curug Cimarinjung menjadi salah satu destinasi favorit di kawasan Taman Bumi Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Taman Bumi Global (UNESCO Global Geopark) sejak 2018.

Awal Mula Nama Curug Cimarinjung

Nama Curug Cimarinjung diambil dari nama sungai tempat air terjun ini mengalir, yakni sungai Cimarinjung yang terletak pada ketinggian 100 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Sungai Cimarinjung memiliki aliran sungai yang mengalir menuju Teluk Ciletuh yang berada di tepi Samudra Hindia.

Sebelum dijuluki sebagai Curug Cimarinjung, mulanya air terjun ini bernama Curug Goong. Dinamakan demikian karena adanya cerita yang beredar di masyarakat setempat yang menganggap kawasan Sungai Cimarinjung sebagai keraton bagi alam gaib.

Bipang Jangkar, Buah Tangan Legendaris dari Kota Pasuruan

Konon, keraton ini dimanfaatkan sebagai tempat peminjaman peralatan gamelan oleh masyarakat kala itu untuk acara perayaan. Namun, masyarakat tidak mengembalikan peralatan seni tersebut, sehingga secara bertahap alat-alat gamelan tersebut menghilang, kecuali gong yang, menurut legenda, tersembunyi di dalam air terjun.

Air terjun ini resmi berganti nama menjadi Curug Cimarinjung setelah penetapan UNESCO atas Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi sebagai Taman Bumi Global dan menjadi tempat wisata bertaraf internasional.

Selain Curug Cimarinjung, di aliran sungai Cimarinjung juga mengalir dua curug lainnya, Curug Dogdog dan Curug Nyelempet. Dinamakan Curug Dogdog karena bentuknya yang panjang seperti dogdog, alat musik tradisional Jawa Barat. Adapun nama nyelempet diambil dari bahasa Sunda yang artinya sempit, sebagaimana aliran air curug ini yang sempit-sempit.

Aktivitas Seru di Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung Sukabumi
info gambar

Selain menikmati pemandangan air terjun yang dikelilingi tebing, berenang bisa menjadi aktivitas seru yang dapat Kawan lakukan di sini. Segarnya air sungai ditambah gemercik air terjun yang jatuh dari ketinggian akan menambah sensasi bermain air semakin asyik.

Selanjutnya, Kawan dapat melakukan aktivitas fotografi. Berburu pemandangan alam yang indah di Curug Cimarinjung akan menjadi kegiatan yang tak terlupakan, apalagi terdapat banyak spot foto yang instagramable di sini.

Mengenal Ketapanrame Mojokerto, Desa Wisata Terbaik yang Jadi Sorotan Debat Cawapres

Sekadar bersantai dan berkeliling area curug juga menjadi aktivitas yang tak kalah menyenangkan. Kawan bisa sambil mengamati keberagaman flora dan fauna di sekitar Curug Cimarinjung dengan menjelajahi jalur ekowisata. Ini dapat menjadi pengalaman pendidikan yang menarik tentang keanekaragaman hayati di wilayah tersebut.

Fasilitas Tempat Wisata

Walaupun berada di lokasi yang terpencil, Curug Cimarinjung telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Di tempat wisata ini terdapat toilet yang bisa Kawan gunakan untuk membersihkan diri setelah berenang.

Dilengkapi juga dengan tempat parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Tarifnya terjangkau, mulai dari Rp3.000 untuk kendaraan beroda dua hingga RpRp5.000 untuk kendaraan beroda empat. Akses jalan menuju lokasi pun sudah diatur sedemikian rupa, sehingga pengunjung akan merasa semakin nyaman. Tersedia papan penunjuk jalan untuk memudahkan pengunjung saat ingin pergi ke lokasi tertentu.

Kawan juga akan dengan mudah menjumpai warung makan yang menyediakan berbagai macam pilihan menu makanan dan minuman khas daerah setempat. Ini akan memudahkan bagi pengunjung yang tidak sempat menyiapkan bekal dari rumah.

Curug Cimarinjung beroperasi mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Disarankan untuk mengatur jadwal kunjungan ke tempat wisata alam ini pada musim hujan, di mana debit airnya mencapai tingkat maksimum dan memberikan pengalaman melihat air terjun yang lebih mengagumkan.

Wisata Sawah Sumber Gempong, Wisata Anti Mainstream Mojokerto yang Lagi Hits

Referensi:

  • https://www.orami.co.id/magazine/curug-cimarinjung?page=all
  • https://radarsukabumi.com/berita-utama/legenda-keraton-gaib-di-curug-cimarinjung-sukabumi/
  • https://www.indonesiana.id/read/170595/pengakuan-unesco-untuk-curug-cimarinjung-di-sukabumi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini