Kisah Josep Gombau, Pelatih yang Didepak Persebaya Lalu Dipinang Aston Villa

Kisah Josep Gombau, Pelatih yang Didepak Persebaya Lalu Dipinang Aston Villa
info gambar utama

Josep Gombau harus rela didepak dari kursi pelatih Persebaya Surabaya, namun setelahnya ia malah dipinang Aston Villa.

Gombau adalah pelatih yang sempat melatih Persebaya pada 2023 lalu. Ia didatangkan pada 13 September 2023 untuk menggantikan Aji Santoso yang dianggap tidak mampu memperbaiki performa tim di Liga 1 2023-2024.

Sayangnya, karier Gombau di Persebaya tidak panjang. Pada 28 Oktober 2023, ia didepak dari posisinya sebagai pelatih. Ia diberhentikan setelah tak mampu mempersembahkan performa tim yang lebih baik dari kepelatihan Aji. Di bawah komandonya, Persebaya bahkan sampai kalah telak 0-4 dari Persik Kediri.

Setelah kekalahan dari Persik itulah Gombau meninggalkan Persebaya. Posisinya digantikan oleh Uston Nawawi selaku pelatih sementara.

Sementara posisi pelatih Persebaya diisi Uston, Gombau hijrah ke Inggris karena direkrut oleh salah satu klub top negeri itu, Aston Villa.

Mengenal Suwon FC, Klub Baru Pratama Arhan di Korea Selatan

Melatih Aston Villa Junior

Ini adalah kali pertama Gombau menjalani karier kepelatihan profesional di Liga Inggris. Sebelumnya, ia lama berkiprah di kancah sepak bola Asia Pasifik.

Laman Transfermarkt mencatat bahwa Gombau awalnya pernah menjadi pelatih tim junior, asistwn pelatih pemandu bakat, dan hingga direktur teknik di tiga klub Spanyol, yakni CF Amposta, Espanyol, dan Barcelona dalam kurun waktu 1993 hingga 2006.

Setelahnya, Gombau hijrah ke Hong Kong untuk melatih Kitchee FC. Setelahnya, berkiprah di Australia untuk melatih Adelaide United, Western Sydney Wanderers, dan tim nasional negeri itu. Pernah pula ia melatih di India bersama Delhi Dynamos dan Odisha FC, serta Amerika Serikat bersama Queensboro FC. Itu semua dilakukan hingga Maret 2023 sebelum Gombau digaet Persebaya.

Pada 11 Januari 2024, Aston Villa mengumumkan perekrutan Gombau. Pelatih kelahiran Amposta, Spanyol pada 5 Juni 1976 itu didapuk untuk melatih tim U-21 Aston Villa.

Saat masih di Persebaya, Gombau mendampingi Bajul Ijo bermain dalam lima pertandingan. Hasilnya, Persebaya mencatatkan hasil satu kali menang, satu kali imbang, dan tiga kali kalah di Liga 1. Sementara itu bersama Aston Villa U-21, ia blm menjalani satupun pertandingan resmi.

Aston Villa U-21 baru akan bertanding pada 24 Desember 2023 dini hari WIB melawan Hull City U-21 dalam ajang Premier League Cup. Laga tersebut juga akan jadi debut Gombau di sana. Mampukah ia meraih hasil ciamik, tak seperti di Persebaya?

Referensi:

  • https://www.avfc.co.uk/news/2024/january/11/villa-appoint-gombau-as-under-21-head-coach/
  • https://www.transfermarkt.co.id/josep-gombau/profil/trainer/21091

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini