Terpanjang di Indonesia, Tol Getaci Bakal Tembus Wilayah Yogyakarta

Terpanjang di Indonesia, Tol Getaci Bakal Tembus Wilayah Yogyakarta
info gambar utama

Jalan tol yang menghubungkan Bandung dan Yogyakarta melalui jalur selatan dalam proses persiapan. Selama ini, masyarakat harus sedikit memutar melewati jalur utara dengan terlebih dahulu melewati Semarang dan Solo untuk sampai di Yogyakarta maupun sebaliknya.

Konektivitas Bandung-Yogyakarta dimulai dari tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) dengan titik awal berada di Gedebage, Bandung, dan berakhir di Cilacap. Untuk selanjutnya, pemerintah akan menyambungkan wilayah ini melalui jalan tol dari Yogyakarta.

“Untuk Getaci, dalam rencana umum jaringan jalan nasional dan tol PUPR, akan sampai Cilacap lalu akan ada tol dari Yogyakarta, menuju Kulon Progo dan terus ke Barat sampai ketemu Getaci, di Cilacap,” kata Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian PUPR Sony Sulaksono yang dimuat CNBC Indonesia.

Tengah proses prakualifikasi

Proyek pembangunan jalan tol penghubung Bandung-Yogyakarta di jalur selatan merupakan rencana umum Kementerian PUPR yang implementasinya dilakukan secara bertahap. Adapun tahapan sekarang, Tol Getaci baru sampai Ciamis sesuai yang tercantum di Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pemerintah juga tengah melakukan tender ulang Tol Getaci untuk menemukan investor baru. Kementerian PUPR menargetkan nama-nama terpilih yang penggarap proyek jalan tol ini akan diperoleh pada Agustus 2024. Kemudian sekitar September, ditargetkan adanya perjanjian investasi di pembangunan Tol Getaci.

“Saat ini tol Getaci dalam proses prakualifikasi. Target Maret sudah ada calon-calon untuk masuk daftar tender. Target kita penetapan pemenang akan sekitar Agustus dan perjanjian pengusahaan jalan tol (perjanjian investasi sekitar September 2024,” kata Sony Sulaksono.

Pemerintah mengungkapkan tantangan lain meskipun telah dikantongi nama investor, yaitu proses pembebasan lahan. Adapun konstruksi Garut Utara-Ciamis akan dibangun pada 2030, dengan pembebasan lahan yang dilakukan dua tahun sebelumnya pada 2028.

Tol JORR 2 Rampung Triwulan I 2024, Mobilitas Masyarakat Jabodetabek Semakin Mudah

Tembus wilayah Yogyakarta

Pembangunan Tol Getaci akan dikerjakan dari Gedebage sampai Ciamis sepanjang 108 kilometer. Sementara dari Ciamis menuju Cilacap ditargetkan selesai pada 2029 dengan menggunakan anggaran tahun 2025. Dari Cilacap, jalan tol akan diteruskan menembus wilayah Yogyakarta.

Selain Tol Getaci, beberapa jaringan tol lainnya yang akan tersambung dengan Tol Cilacap-Jogja di antaranya Tol Solo-Jogja-YIA. Titik pertemuan jalan tol ini akan berada di Kulonprogo yang dekat dengan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport (YIA). Jika keseluruhan tol ini tersambung, maka perjalanan Bandung-Jogja akan semakin dekat.

Tol Cijago Sudah Tersambung Penuh, Jakarta-Bogor Bisa 45 Menit

Referensi:

CNBC Indonesia. Mantap! Tol Terpanjang RI Tembus Yogyakarta. https://www.cnbcindonesia.com/news/20240122175718-4-508090/mantap-tol-terpanjang-ri-bakal-tembus-yogyakarta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini