22 Lukisan Maestro RI Dilelang, Harga Awal Capai Rp56 Juta

22 Lukisan Maestro RI Dilelang, Harga Awal Capai Rp56 Juta
info gambar utama

Sebanyak 22 lukisan dari para maestro Indonesia dilelang oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama perkumpulan balai lelang Indonesia (Perbali) pada 27 Januari 2024 secara hybrid, mulai pukul 13.30 hingga 15.00 WIB.

Karya sejumlah seniman seperti Dirot Kadirah, JB Iwan Sulistyo, Wenas Heriyanto, Sudjono Abdullah, Dyan Anggraini, Bonny Setiawan, Wage Supratman dan Edi Bonetski masuk dalam daftar lelang. Kegiatan lelang sekaligus pameran lukisan ini merupakan arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Pasca renovasi gedung AA Maramis pengelolaannya pada Lembaga Manajemen Aset Negara, DJKN dapat memperkenalkan gedung kepada masyarakat dengan tujuan mengoptimalkan aset,” kata Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto yang dimuat Katadata.

Intip Pameran Lukisan Raden Saleh hingga Walter Spies di Museum MACAN

Harga mulai Rp3,6 juta

Harga awal atau limit lelang dibanderol mulai dari Rp3,6 juta hingga Rp55 juta. Misalnya, lukisan berjudul “Dicubit Maeka” karya Edi Bonetski dengan ukuran 140x90cm, dipatok harga penawaran awal sebesar Rp3,6 juta. Sementara lukisan karya Gambir Anom yang berjudul “Rama Sinta” sebesar Rp55 juta.

Tidak hanya menampilkan lukisan yang dilelang, pameran bertajuk “Puspawarna Nusantara”ini juga memamerkan sekitar 40 lukisan dari berbagai seniman lainnya. Di antaranya adalah Faizin, Eddie Hara, Gustra, Gatot Prakosa, Zaenal, Irwan Wijayanto, Prastowo, Li a Mareza, S. Sudjono, Gunarsa, Nyoman, Hardja, dan Wayan.

Pameran telah dibuka sejak tanggal 25 Januari 2024 dengan jam operasional pada Kamis–Jumat pukul 10.00–15.00 WIB dan Sabtu pukul 10.00–12.00 WIB di gedung AA Maramis, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Eksibisi ini menunjukkan keragaman seni dan budaya Nusantara yang terangkum dalam karya lukisan.

Barang Sitaan Negara Laku Rp44,34 Triliun di 2023, Terbesar dalam Sejarah RI

Referensi:

Katadata. 22 Lukisan Maestro RI Dilelang, Harga Mulai 3,6 Juta hingga 55 Juta. https://katadata.co.id/ferrika/finansial/65b299e3e7850/22-lukisan-maestro-ri-dilelang-harga-mulai-3-6-juta-hingga-55-juta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini