4 Rekomendasi Walking Tour di Jogja

4 Rekomendasi Walking Tour di Jogja
info gambar utama

Jalan-jalan merupakan hal yang wajib dilakukan waktu berwisata ke sebuah kota. Apalagi kalau lagi mampir ke Kota Yogyakarta. Kota Jogja terkenal dengan banyaknya opsi tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah seperti museum, Kraton, dan candi, sampai wisata kuliner seperti kopi klothok, sate klathak, gudeg, dan lain sebagainya.

Lokasi-lokasi wisata tersebut memang seru untuk dikunjungi. Namun, jangan salah! Ada aktivitas seru lainnya yang bisa kalian nikmati saat berwisata ke Jogja, yaitu mengikuti wisata jalan kaki atau walking tour ke tempat-tempat anti-mainstream ditemani oleh guide dan tentunya teman-teman baru yang membuat momen wisatamu di Jogja makin seru!

Nah, berikut rekomendasi walking tour untuk Kawan GNFI yang suka jalan kaki dan mencari tempat-tempat anti-mainstream sembari berjejaring dengan teman-teman baru yang bisa diikuti saat mampir di Jogja. Apa saja?

Jogja Walking Tour

Rekomendasi pertama walking tour yang bisa kamu ikuti adalah Jogja Walking Tour. Untuk Kawan GNFI yang suka jalan-jalan buat mengenal lebih dekat dengan sejarah dan budaya, Jogja Walking Tour cocok untuk kamu coba.

Pasalnya, walking tour ini menekankan pada jelajah situs sejarah dan cagar budaya yang ada di Jogja. Serunya lagi, kita akan dipandu oleh orang yang memang ahli di bidangnya, yaitu kak Erwin. Beliau adalah seorang lulusan Ilmu Sejarah dari Universitas Gadjah Mada.

Jogja Walking Tour biasanya membuka tur wisatanyanya saat akhir pekan. So, untuk mengetahui jadwalnya, kamu bisa langsung cek di Instagramnya.

JogGoodGuide

Rekomendasi selanjutnya adalah JogGoodGuide. Nah, beberapa dari Kawan GNFI mungkin sudah tidak asing dengan walking tour yang satu ini. Sebab, JogGoodGuide ini merupakan bagian dari GoodGuide yang tersebar di 5 kota berbeda. Ada di Jakarta, Bandung, Jogja, Medan, dan Palembang.

JogGoodGuide ini sudah ada sejak tahun 2016. Saat ini, mereka membuka turnya hampir setiap hari. Bahkan, terkadang dalam 1 hari mereka akan membuka 2 sesi yang berbeda, yakni pagi dan sore. JogGoodGuide memberikan opsi rute yang cukup banyak bisa dipilih.

Jadi, untuk Kawan GNFI yang sedang mampir ke Kota Gudeg waktu di hari biasa atau hari kerja, bisa nih, mengintip JogGoodGuide untuk menemani jalan-jalan menelusuri tempat-tempat indah dan menarik di Jogja. Caranya bisa langsung cek ke Instagram-nya dan mengisi form yang sudah disediakan.

Jalan-jalan Jajan

Jalan-jalan Jajan atau dipanggil 'JJJ' punya konsep yang unik. Jalan-jalannya menekankan pada 7000 langkah minimal untuk sekali jalan atau sekitar 4-5km berjalan kaki. Serunya lagi, JJJ ini dikenal sebagai jalan-jalan yang 'mblusuk' karena biasanya akan berjalan ke desa yang sedikit 'minggir' dari pusat kota Jogja.

Buat kamu yang suka dengan ketenangan, ingin menikmati suasana lain kota Jogja, keasrian kota sembari membantu UMKM di sekitarnya, walking tour ini bisa kamu masukin jadi salah satu yang harus dicoba. Biasanya JJJ berkegiatan di akhir pekan.

Namun, untuk mengikutinya, Kawan GNFI harus berdoa agar dipilih oleh admin-nya. Sebab, cara menyeleksinya berbeda, bukan siapa cepat dia mendaftar, tapi siapa unik berkomentar ingin ikut jalan-jalan yang nantinya akan diundang dan dibagikan lokasi titik kumpulnya. Tertarik buat mencoba peruntunganmu?

DjeDjak Rasa

Kalau Kawan GNFI tipe yang suka jalan-jalan sembari mengenal budaya dan sejarah lewat sajian makanan lokal, DjeDjak Rasa atau 'DDR' bisa menjadi pilihan tepat untuk Kawan GNFI. DjedDjak Rasa sering disebut sebagai Srikandi karena dipunggawai oleh 3 perempuan yang sangat senang mengulik makanan.

Berbeda dari walking tour yang lain, DDR tidak hanya mengajakmu untuk berjalan, tapi juga akan melakukan perjamuan makan bersama dengan menu-menu lokal. Serunya kamu akan diceritakan latar belakang makanan itu dibuat. Mitos-mitos yang ada di baliknya hingga fakta unik yang membuat makanan itu punya makna historis yang sangat kuat. Seru 'kan? Kamu jadi bisa belajar budaya sembari jalan kaki dan makan enak.

Itu dia 4 rekomendasi walking tour yang bisa Kawan GNFI cobain waktu jalan-jalan ke Jogja. Selain menyehatkan, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman, cerita, dan juga pelajaran baru yang seru. Sebab, Jogja tidak melulu soal gudeg, bakpia, dan tugunya saja. Selamat berjalan kaki!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

GA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini